HOME, Bugar

7 Faktor Penyebab Penyakit Jantung yang Sering Disepelekan

7 Faktor Penyebab Penyakit Jantung yang Sering Disepelekan

MOMSMONEY.ID - Penyakit jantung bisa jadi sangat berbahaya karena bisa menimbulkan serangan jantung dan kematian mendadak. Penyebab penyakit jantung pada umumnya adalah penyumbatan, peradangan, atau kerusakan pada jantung dan pembuluh darah di sekitarnya, dikutip dari Healthline. 

Semakin sering serangan jantung terjadi, maka semakin banyak juga kerusakan yang muncul di jantung. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat mengenali dan menghindari berbagai faktor risiko yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung. 

Secara umum, faktor risiko penyebab penyakit jantung memang harus dihindari agar serangan oenyakit jantung tidak kerap datang. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab penyakit jantung yang sering disepelekan.

Baca Juga: Panduan untuk Bumil Positif Covid-19 saat Melahirkan

1. Stres 

Melansir Medical News Today, stres yang berkelanjutan dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Kondisi ini disebabkan oleh tungginya produksi hormon andrenalin dan zat katekolamin di dalam tubuh. 

2. Obesitas 

Obesitas dapat memengaruhi kadar lipid plasma yang cenderung memperberat proses aterosklerosis. Aterosklerosis adalah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Selain itu, obesitas juga bisa memperberat kerja jantung secara terus menerus, sehingga kurang baik.

3. Kurang Aktivitas bergerak 

Aktivitas fisik yang kurang adalah salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung. Pasalnya, aktivitas fisik yang kurang identik dengan potensi mengalami kegemukan. Obesitas dapat menyebabkan otot jantung tidak bergerak dengan baik, sehingga risiko penyakit jantung koroner pun bisa semakin meningkat. 

4. Kolesterol tinggi 

Tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit jantung. Kandungan kolesterol jahat yang beredar dalam darah lama-kelamaan akan menumpuk di dinding arteri, sehingga menimbulkan plak yang mengakibatkan arteri menjadi kaku dan pembuluh darah kian menyempit. 

Baca Juga: Konsumsi Buah-Buahan Ini Untuk Membantu Turunkan Kolesterol

5. Merokok 

Rokok terbukti mengandung nikotin, apabila masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan berkurangnya elastisitas pembuluh darah yang lama-kelamaan berdampak pada pengerasaan pembuluh darah. 

6. Diabetes mellitus 

Tingginya kadar gula dalam darah dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah yang merupakan penyebab dari penyakit jantung maupun stroke. 

7. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi memegang peran besar terhadap terjadinya penyakit jantung. Pasalnya, hipertensi dapat memaksa jantung bekerja lebih keras untuk mensirkulasikan darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, otot jantung kiri membesar, sehingga pemompaan darah di jantung menjadi tidak lagi efisien dan dapat menyebabkan kerusakan organ vital tersebut. 

Jangan menyepelekan factor yang menyebabkan penyakit jantung. Menjaga pola makan dan olahraga yang cukup menjadi obat yang ampuh untuk mengurangi penyakit jantung. 

Selanjutnya: Manfaat Makanan Sehat yang Tidak Banyak Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News