HOME, Bugar

Manfaat Makanan Sehat yang Tidak Banyak Diketahui

Manfaat Makanan Sehat yang Tidak Banyak Diketahui

MOMSMONEY.ID - Makanan sehat untuk tubuh memiliki manfaat yang luar biasa. Tubuh memang memerlukan berbagai macam asupan untuk menunjang kinerja organ tubuh dan kesehatan menjadi lebih baik.  

Apa sih kriteria makanan yang disebut sehat? Makanan sehat merupakan makanan yang mengandung  unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh seperti protein, lemak tak jenuh, vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh.   

Gaya hidup modern kerap membuat manusia abai tentang kesehatan tubuh. Lupa menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan sehat. Kita lihat, berapa banyak tempat yang menjual makanan cepat saji yang lebih menggoda dan dirasa praktis untuk dikonsumsi. 

Padahal jika kita lihat, tidak banyak makanan cepat saji yang memiliki kandungan gizi seimbang dan justru banyak sekali makanan cepat saji yang mengandung lemak, pengawet, pewarna buatan dan hal yang merugikan lainnya. 

Pentingnya mengonsumsi makanan sehat untuk tubuh tidak boleh disepelekan. Saat kita masih muda sudah seharusnya mulai menjaga pola makanan dan harus mengosumsi makanan sehat sebagai bentuk investasi sehat di masa tua. Berikut 5 manfaat mengonsumsi makanan sehat untuk tubuh.  

Baca Juga: Beberapa Jenis Vitamin B dan Manfaatnya Untuk Tubuh

1. Menjaga sistem pencernaan

Dalam usus besar dipenuhi bakteri alami yang berperan penting dalam metabolisme dan pencernaan. Dengan mengonsumsi makanan sehat rendah lemak, tinggi serat, maka akan membuat usus tetap sehat, seperti yogurt, sayuran hijau, ubi jalar, ataupun putih telur. 

Sebelum masalah pencernaan datang, kita wajib menjaga kesehatan tubuh. Caranya sangat mudah, hanya perlu berkomitmen untuk mengatur pola makan sekaligus mengubah gaya hidup agar bisa memberikan hasil positif bagi sistem pencernaan serta jangan melupakan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat. 

2. Membuat suasana hati lebih baik

Beberapa penelitian membuktikan bahwa menu makanan sehat akan berpengaruh pada perasaan. Hal ini dibuktikan pada penelitian yang dilakukan Kara L. Breymeyer, 2016. Studi ini menjelaskan jika pola makan yang tidak sehat dapat memicu peningkatan gejala depresi dan kelelahan. Saat tubuh merasa lelah dan lemas akan mempengaruhi struktur tubuh lainnya.  

Saat perut kenyang dengan makanan sehat, sistem pencernaan juga akan bekerja dengan baik sehingga akan memberikan energi baik kepada seluruh organ tubuh. Jika tubuh dan perasaan hati baik, kita cenderung semangat melakukan aktivitas, hal ini juga memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon kebahagiaan yang bermanfaat untuk tubuh. 

 3. Meningkatkan memori otak

Pola makan dan manfaat makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan otak. Makanan yang mengandung vitamin D, C, E, Omega 3, flavonoid, dan polifenol berguna untuk melindungi dari penurunan kognitif dan demensia, dikutip dari Realfood.  

Saat tubuh mengonsumsi makanan sehat akan berdampak positif kepada kesehatan otak dan memperkuat ingatan. Hal ini akan menjadi investasi di masa tua yang sangat dibutuhkan. Kita akan terhindar dari penyakit pikun. Betapa bahagianya saat sudah tua , kita masih bisa mengingat momen-momen bahagia di saat muda.  

Baca Juga: Air Kelapa Bisa Menyembuhkan Covid-19. Benarkah?

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Menurut informasi dari Centers for Diseases Control and Prevention, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian orang dewasa dengan pemicu penyakitnya seperti  kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. 

Seorang dokter nutrisi, Adriennne Seitz, MS, RD, LDN menyarankan untuk mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian, dan sumber protein nabati. Manfaat makanan yang sehat akan membuat kondisi jauh lebih baik serta menurunkan resiko penyakit jantung. 

5. Mengurangi risiko kanker

Manfaat mengonsumsi makanan sehat bagi tubuh selanjutnya adalah mengurangi resiko perkembangan sel kanker. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung beta-carotene, vitamin A, dan antioksidan yang dapat ditemukan pada sayur, buah, dan kacang-kacangan. 

Makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Jika yang dimakan sehat dan memiliki gizi seimbang, tentu risiko berbagai penyakit akan bisa berkurang. 

Moms, masih mau menyepelekan mengonsumi makanan sehat? Ini hanya 5 manfaat mengonsumsi makanan sehat untuk tubuh, masih ada ribuan bahkan jutaan manfaat mengonsumsi makanan sehat untuk tubuh. Sudah mengonsumsi makanan sehat hari ini?

Selanjutnya: Pengertian dan Manfaat Menjalankan Diet Mayo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News