Keluarga

7 Alasan Anda Tak Membutuhkan Kabinet Dinding di Dapur, Simak Tren Dapur Terkini

7 Alasan Anda Tak Membutuhkan Kabinet Dinding di Dapur, Simak Tren Dapur Terkini

MOMSMONEY.ID - Alasan Anda tak membutuhkan kabinet dinding di dapur, sangat cocok untuk ruang dapur yang berukuran mungil. Menghilangkan kabinet dinding di dapur jadi tren dapur 2023 terkini. 

Kabinet dinding dapur sering kali jadi elemen penting di dalam dapur. Kabinet dinding bisa memberikan ruang penyimpanan ekstra untuk alat masak, bumbu hingga kebutuhan dapur lainnya.

Namun, tren desain dapur 2023 terkini bakal menghilangkan kabinet dinding dapur. 

Itu tadi satu dari beberapa alasan Anda tak membutuhkan kabinet dinding di dapur. Jadi, Anda bisa membuat dinding dapur diisi dengan dekorasi atau fitur yang lebih menarik. 

Anda sebenarnya juga tak terlalu membutuhkan kabinet dinding di dapur. Sebab, melansir Home and Gardens, beberapa desainer telah meninggalkan kabinet dinding dapur.

"Dibandingkan mengisi dengan kabinet dinding, Anda bisa menambahkannya dengan rak, karya seni dan warna-warna yang memberikan kesan ceria pada dapur," ungkap Co-Founder Murus Art Erica Davis. 

Baca Juga: SKB Cuti Bersama 2023, Apakah Imlek Tanggal Merah?

Jadi, jika Anda punya rencana mengubah tatanan dapur atau mendekor ulang dapur Anda di 2023, tak ada salahnya menghilangkan kabinet dinding dapur. 

Alasan Anda tak membutuhkan kabinet dinding di dapur

1. Anda bisa menggunakan rak terbuka atau pajangan sederhana

Alasan Anda tak membutuhkan kabinet dinding dapur adalah bisa diganti dengan rak atau pajangan sederhana. Mungkin ini sedikit berlawanan dengan konsep dapur mungil.

Dapur tanpa kabinet dengan gantungan sederhana

Pasalnya, ruang penyimpanan di dapur yang mungil sangat dibutuhkan. Namun, ketimbang menggunakan kabinet dinding, coba gunakan rak terbuka sederhana supaya membuat ruangan Anda terlihat lebih luas, sekaligus tetap mendapatkan ruang penyimpanan ekstra. 

2. Gunakan kreatifitas untuk mendekorasi dapur Anda

Jika Anda memiliki dapur yang mungil, melakukan perencanaan tata letak dapur adalah hal yang krusial. Satu lagi alasan Anda tak membutuhkan kabinet di dinding dapur adalah, hindari menggunakan tata letak yang penuh dengan kabinet. 

Dapur tanpa kabinet dengan rak terbuka

Anda lebih baik menggunakan rak terbuka atau gunakan kaca di atas kabinet bawah dapur Anda untuk memberikan kesan ruangan yang luas. Kemudian, tata dengan indah peralatan dapur Ada tersebut sehingga bisa sekaligus jadi dekorasi baru.

3. Biarkan dinding Anda dijadikan tempat pajangan seni

Dapur tanpa kabinet dengan hiasan dinding

Anda bisa memanfaatkan lemari atau kabinet bawah meja dapur untuk menyimpan seluruh peralatan memasak.

Lalu, di bagian dinding, beri satu karya seni yang cukup besar untuk memberi kesan dekorasi ruang yang indah sekaligus membuat dapur terasa lebih luas dengan sedikitnya dekorasi di dinding. 

Baca Juga: Beli 10 Lemonilo Bisa Ketemu NCT Dream Eksklusif, Begini Caranya

4. Anda bisa membuat dapur minimalis tanpa kabinet dinding

Dapur tanpa kabinet minimalis

Alasan Anda tak membutuhkan kabinet dinding di dapur adalah memperkuat konsep minimalis di dapur Anda. Dengan metode menggunakan rak terbuka, Anda akan mudah menemukan kekacauan dan akan memotivasi Anda membereskan kekacauan tersebut.

Anda juga akan termotivasi untuk memajang barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan. 

5. Maksimalkan fungsi rak dinding

Alasan lain tak membutuhkan kabinet dinding di dapur adalah Anda bisa memaksimalkan fungsi rak dinding dan lemari di bawah meja dapur. Pada bagian rak terbuka di dinding, Anda bisa menata alat makan dari keramik yang kerap Anda gunakan sekaligus jadi penghias dinding. 

Dapur tanpa kabinet dengan pajangan keramik
Tata serapi mungkin sehingga Anda akan mendapatkan dapur luas dan bernilai seni tinggi. Sedangkan alat-alat sisanya, bisa Anda tata di lemari bawah. 

Baca Juga: Mau Bisnis Kuliner? Ini Makanan Pedas Paling Laris Sepanjang 2022 di Tokopedia

6. Gunakan warna-warna mencolok sebagai titik fokus dapur

Dapur tanpa kabinet dinding dua waran

Selain menggunakan kabinet dinding, Anda bisa mempertegas desain dapur dengan memberikan warna-warna tegas atau mencolok untuk memperindah dapur.

Coba pilih gaya dua paduan warna di dapur, dengan warna terang di bagian bawah. Untuk tampilan modern, simpan seluruh kebutuhan dapur di dalam rak bawah. 

7. Pajang toples di rak terbuka

Jika Anda perlu alasan tak membutuhkan kabinet dinding di dapur, ada satu lagi alasan. Terkadang memajang toples di rak terbuka di dinding memberikan kesan estetika di dapur Anda. 

Dapur tanpa kabinet dengan toples bumbu
Ide ini cocok untuk Anda yang senang bereksperimen menciptakan menu baru. Sebab Anda pasti memiliki banyak bahan yang dengan bangga Anda pamerkan. 

Baca Juga: Bikin Hoki Naik, Santap 6 Makanan Pembawa Keberuntungan ini Saat Imlek Tiba

Tak semuanya kebutuhan dapur perlu Anda sembunyikan. Terkadang memajangnya malah jadi dekorasi yang indah untuk dapur.

Demikian 7 alasan Anda tak membutuhkan kabinet dinding di dapur. Selain banyak ide yang bisa Anda terapkan, tentunya desain ini lebih hemat biaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News