Keluarga

6 Tips untuk Mencegah Foundation Mengalami Oksidasi, Yuk Cari Tahu!

6 Tips untuk Mencegah Foundation Mengalami Oksidasi, Yuk Cari Tahu!

MOMSMONEY.ID - Moms, pernahkah foundation yang Anda gunakan perlahan menggelap sesaat setelah diaplikasikan? Itulah yang dinamakan dengan oksidasi.

Secara kimia, oksidasi terjadi ketika suatu bahan kimia bereaksi dengan molekul lain dan kemudian kehilangan sebagian elektronnya lalu meningkatkan bilangan oksidasi. Dalam kosmetik, oksidasi dapat menyebabkan perubahan warna dan konsistensi.

Salah satu produk kosmetik yang sering mengalami oksidasi adalah foundation. Adapun foundation yang teroksidasi bisa disebabkan oleh banyak faktor termasuk tekstur kulit, kebersihan, minyak alami, dan paparan oksigen. Untuk membantu mencegah foundation yang Anda pakai mengalami oksidasi, berikut 6 tips yang bisa Anda terapkan sebagaimana dilansir dari Byrdie.

Baca Juga: 6 Manfaat Mengikuti Parenting Class yang Patut Orang Tua Pertimbangkan

1. Pakai toner

Setelah mencuci muka, jangan lewatkan penggunaan toner sebelum Anda mengaplikasikan moisturizer. Pasalnya, toner dapat membantu menyeimbangkan ph kulit sekaligus menyerap minyak berlebih yang mungkin masih tertinggal.

Ingat, foundation yang mengalami oksidasi lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak. Jadi, menghilangkan minyak berlebih sebanyak mungkin pada wajah sebelum mengaplikasikan foundation merupakan langkah awal yang penting untuk menjaga integritas warna complexion Anda nantinya.

2. Gunakan skincare berbasis air

Direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencegah foundation mengalami oksidasi untuk melakukan skin preparation dengan menggunakan skincare berbasis air yang ringan namun tetap efektif untuk melembabkan dan menghidrasi kulit.

Sebaliknya, hindarilah penggunaan skincare berbasis minyak jika tidak ingin foundation mengalami oksidasi. Semakin banyak Anda menghindari produk berbasis minyak, maka semakin kecil pula risiko foundation mengalami oksidasi.

3. Aplikasikan primer

Selain menciptakan kanvas yang halus untuk makeup Anda secara keseluruhan, mengoleskan primer juga dapat memaksimalkan hasil akhir foundation.

Primer mampu membantu mencegah foundation mengalami oksidasi dengan cara menyerap minyak berlebih pada wajah. Plus, primer juga akan menciptakan lapisan dasar yang netral untuk mengikat foundation dengan lebih baik.

Baca Juga: 5 Kelebihan Cleansing Balm Dibandingkan Produk First Cleanser Lainnya

4. Pilih foundation yang tepat

Untuk mencegah foundation mengalami oksidasi, tentu saja Anda tidak boleh salah dalam memilih foundation yang akan digunakan. Kendati demikian, Anda tidak perlu takut untuk melakukan trial and error guna menemukan produk foundation yang benar-benar pas untuk kulit Anda.

Usahakanlah untuk memilih foundation yang memiliki warna lebih terang dari skin tone atau warna asli kulit Anda. Ini dilakukan untuk membantu menyeimbangkan perubahan warna complexion akibat oksidasi.

5. Gunakan aplikator untuk mengaplikasikan foundation

Karena minyak dan kontaminan lain yang berasal dari tangan dapat menyebabkan reaksi di dalam botol foundation, maka penting bagi Anda untuk menggunakan aplikator seperti spons atau brush saat mengaplikasikan foundation alih-alih menggunakan jari.

Dengan begini, hasil foundation akan tampak lebih halus dan flawless serta integritas warna foundation akan terjaga sekaligus bebas oksidasi.

6. Manfaatkan blotting paper

Menghilangkan minyak berlebih pada wajah termasuk hal yang penting baik sebelum maupun sesudah mengaplikasikan foundation. Jika wajah Anda dipenuhi dengan minyak yang menumpuk atau mulai tampak berminyak sepanjang hari, manfaatkanlah blotting paper untuk membantu menyerap minyak secara instan.

Penggunaan blotting paper tidak akan membiarkan minyak menempel di permukaan kulit dan memengaruhi penampilan serta warna foundation secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News