Keluarga

6 Superfood yang Efektif Melawan Kerutan pada Kulit

6 Superfood yang Efektif Melawan Kerutan pada Kulit

MOMSMONEY.ID - Kenali superfood yang efektif untuk melawan kerutan pada kulit.

Kerutan merupakan salah satu hasil dari proses penuaan yang tidak dapat dihindari. Tampilan kerutan bisa diminimalkan dengan menggunakan skincare dan menerapkan gaya hidup sehat.

Selain olahraga, gaya hidup sehat juga melibatkan pola makan yang sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi superfood yang bermanfaat untuk membantu mengurangi kerutan. Dilansir dari SIO Beauty, ada 6 superfood yang efektif untuk melawan kerutan pada kulit.

Berikut daftar superfood yang efektif untuk melawan kerutan:

1. Kiwi

Kiwi

Ahli Gizi bernama Lisa Drayer menjelaskan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dikaitkan dengan lebih sedikit kerutan. Satu cup kiwi kupas mengandung lebih banyak vitamin C daripada jumlah jeruk yang setara.

Vitamin C dalam kiwi mampu membantu detoksifikasi tubuh dengan mendukung hati dan ginjal untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Pada gilirannya, kulit akan menjadi lebih bersih dan minim kerutan.

Untuk meningkatkan asupan vitamin C, coba tambahkan beberapa potong kiwi ke dalam smoothies atau salad favorit Anda.

Baca Juga: 7 Jenis Bunga untuk Perawatan Kulit Alami yang Bisa Membuat Semakin Cantik

2. Buckwheat

Mi Soba

Dokter kulit Nicholas Perricone mengklaim buckwheat atau soba beserta asam lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalamnya sebagai bahan penting untuk menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda.

Superfood ini mampu menjaga elastisitas kulit untuk mencegah kerutan dengan mengembalikan kulit ke posisi normal terutama di area yang banyak bergerak seperti mata dan mulut.

Biji buckwheat yang dikuliti sangat mirip dengan oat. Anda bisa mencoba mengganti sebagian oat dalam menu sarapan dengan buckwheat utuh, menaburkan buckwheat giling ke atas salad, atau mengganti pasta gandum dengan mi berbahan dasar buckwheat (mi soba).

3. Jahe

Jahe

Kerutan terbentuk oleh pemecahan kolagen di kulit. Saat ikatan kolagen melemah, itu dapat menyebabkan peradangan yang meluas ke lapisan kulit yang terlihat dan berkontribusi pada perkembangan kerutan yang cepat.

Konsultan nutrisi bernama Allison Tannis meresepkan jahe karena kaya akan sifat anti-inflamasi yang mampu bekerja pada tingkat sel untuk mengurangi peradangan dan membuat kulit terlihat halus sekaligus bebas kerutan.

Baca Juga: 5 Tips Makeup untuk Pengguna Lensa Kontak

4. Alpukat

Alpukat

Alpukat mengandung sejumlah besar antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan lingkungan yang dapat meningkatkan pembentukan kerutan.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang sehat. Saat digabungkan dengan buah superfood lainnya, alpukat akan memberikan pukulan yang kuat untuk membantu melawan kerutan pada usia berapa pun.

5. Tomat

Jus tomat

Tomat kaya akan likopen yang bermanfaat untuk membantu melindungi kulit dari efek kerutan akibat paparan sinar matahari.

Menurut sebuah studi pada tahun 2012, likopen dapat membantu menjaga kulit tetap kenyal dengan meningkatkan kadar prokolagen dalam tubuh. Likopen juga bisa memperkuat kulit dengan menetralkan efektivitas radikal bebas yang memecah kolagen di kulit.

Intinya, tomat mampu bekerja untuk mencegah kerusakan kolagen sekaligus mendorong pertumbuhannya.

6. Almond

Kacang almond

Kacang-kacangan khususnya almond adalah sumber asam lemak omega-3. Asam lemak tak jenuh tunggal dalam almond tersebut dapat membantu melembabkan kulit dari dalam ke luar.

Almond juga mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai anti-inflamasi yang kuat. Vitamin E mampu bekerja untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas di lingkungan.

Mengonsumsi almond dalam jumlah sedang secara rutin merupakan cara yang bagus untuk ngemil sehat dan melawan kerutan pada saat yang bersamaan.

Itulah 6 superfood yang efektif untuk melawan kerutan pada kulit. Jika tidak terbiasa mengonsumsi keenam superfood di atas, mungkin akan terasa sulit untuk mulai mengonsumsinya secara rutin.

Sebaiknya, masukkan satu per satu terlebih dahulu ke dalam menu makan Anda setiap hari alih-alih langsung menggabungkannya sekaligus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News