Keluarga

5 Tips Makeup untuk Pengguna Lensa Kontak

5 Tips Makeup untuk Pengguna Lensa Kontak

MOMSMONEY.ID - Simak 5 tips makeup untuk pengguna lensa kontak di bawah ini.

Moms, apakah Anda suka memakai lensa kontak sekaligus makeup? Jika benar demikian, maka Anda tidak boleh keliru dalam mengaplikasikan makeup kalau tidak mau mata mengalami infeksi dan iritasi.

Bisa Anda praktikkan, berikut MomsMoney bagikan 5 tips makeup untuk pengguna lensa kontak sebagaimana dikutip dari BeBeautiful.

Baca Juga: 5 Kesalahan Memakai Primer Wajah yang Bikin Hasil Makeup Kurang Maksimal

1. Pakai lensa kontak terlebih dahulu

Aturan pertama untuk memakai makeup dengan lensa kontak yaitu memasang lensa kontak terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda bisa mengaplikasikan produk skincare dan makeup.

Jika Anda mengenakan lensa kontak setelah merias wajah, itu dapat dengan mudah memindahkan kotoran dari jari ke mata Anda. Akibatnya, mata akan rentan berair dan mengalami iritasi.

2. Pilih produk berbasis krim

Saat Anda mengenakan lensa kontak, sangat disarankan bagi Anda untuk memakai eyeshadow berbasis cream. Tak hanya dapat mempercantik tampilan mata, eyeshadow cream juga cenderung terasa nyaman. Sebaliknya, eyeshadow berbentuk powder memiliki partikel mikro halus yang bisa masuk ke mata dengan mudah dan menyebabkan iritasi.

Disarankan juga bagi Anda yang memakai lensa kontak untuk menggunakan foundation yang tahan keringat atau sweatproof agar tidak gampang luntur dan mengenai mata.

3. Pakai eyeliner dan maskara waterproof

Pakailah eyeliner dan maskara waterproof jika Anda menggunakan lensa kontak. Ini akan mencegah mata mengalami iritasi akibat produk yang luntur.

Untuk membersihkannya, gunakan produk pembersih bebas minyak dan bebas silikon guna menghindari risiko minyak atau silikon menempel pada lensa kontak dan membuatnya berembun atau bahkan rusak. Sebagai gantinya, bersihkan riasan mata Anda dengan micellar water karena produk ini dapat secara alami mengangkat kotoran, minyak, maupun makeup tanpa menggosok kulit secara agresif.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Alis Tampak Natural dengan Pensil Alis

4. Aplikasikan makeup menggunakan sponge

Mengaplikasikan makeup menggunakan jari bukan hanya tidak higienis, tetapi juga tidak akan memberikan hasil akhir makeup yang merata.

Alih-alih begitu, pilihlah sponge untuk mengaplikasikan makeup karena cenderung tidak terasa keras di mata dan mampu mencegah bedak masuk ke mata. Saat mengaplikasikan makeup menggunakan sponge, hindari bagian tepi dan sudut dalam kelopak mata. Jika terpaksa, gunakanlah brush yang tipis dan halus untuk membaurkan produk di bagian tepi dan sudut dalam kelopak mata.

5. Lepas lensa kontak sebelum menghapus makeup

Sebelum menghapus makeup, cucilah tangan Anda dan lepaskan lensa kontak terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan lensa kontak tetap bersih dan Anda pun bisa menghapus makeup tanpa khawatir menyakiti mata.

Setelah melepas lensa kontak, jangan lupa untuk segera membilasnya dengan baik menggunakan cairan pembersih lensa kontak guna memastikan tidak ada sisa makeup yang menempel pada lensa kontak.

Demikian 5 tips makeup untuk pengguna lensa kontak. Selalu ingat untuk mencuci dan mendisinfeksi tangan Anda sebelum memakai lensa kontak serta mengaplikasikan makeup secara lembut sehingga tidak menarik atau menekan kelopak mata Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News