HOME, Keluarga

6 Perintah Dasar yang Dapat Digunakan untuk Melatih Anjing

6 Perintah Dasar yang Dapat Digunakan untuk Melatih Anjing

MOMSMONEY.ID - Anjing adalah hewan yang cerdas dan dapat dilatih dengan perintah tertentu. Isyarat atau perintah ini dapat membantu Anda menjaga anjing tetap terkendali dan tertib. Anjing yang terlatih dengan baik oleh pemiliknya dapat membangun ikatan dan hubungan yang positif.

Kunci pelatihan ini adalah konsisten, sabar, dan jangan lupa untuk memberinya penghargaan saat dia berhasil. Selain itu, hindari latihan dengan hukuman koreksi seperti memukul atau berteriak. Dilansir dari AKC.org,  hukuman dapat menyebabkan anjing menjadi bingung dan tidak yakin apa yang diminta darinya. Nah, berikut ini adalah 6 perintah dasar yang dapat Anda gunakan dalam melatih anjing peliharaan.

Baca Juga: Beberapa Cara Mengatasi Anjing Peliharaan yang Penakut

Ajarkan Namanya

Akan sulit bagi Anda dalam mengajari berbagai hal padanya, bila dia tidak mengetahui kapan harus melihat Anda. Buatlah anjing Anda mengetahui namanya. Saat dia memalingkan pandangan atau berada di tempat jauh, panggil namanya untuk melihat Anda. Jika dia berhasil memperhatikan Anda saat dipanggil, beri hadiah cemilan sebagai pujian. Lakukan latihan ini secara berkala sejak anjing dibawa pulang atau anak anjing yang sudah bisa berjalan.

Sit (Duduk)

Cara melakukannya, ambil cemilan dan pegang tepat di bawah hidungnya. Ucapkan “sit” beberapa kali dan secara perlahan mengangkat cemilan sedikit ke atas kepalanya. Anjing akan mengikuti intruksi ini dan beralih ke posisi duduk agar dapat menyamai letak cemilan yang Anda bawa. Tarik tangan Anda dan tunggu dia tenang. Jika dia berhasil tenang dalam sikap duduk, berikan ia cemilan. Lakukan perintah ini beberapa kali agar anjing menghafalnya.

Down (Rebah)

Cara melakukan teknik ini adalah mula-mula Anda membuat anjing duduk, kemudian arahkan cemilan di tangan Anda turun ke lantai sambil mengucapkan perintah “down”. Anjing akan mengikuti cemilan ke lantai dan mengambil posisi berbaring. Jika anjing tidak memahami, ulangi melakukan gerakan tangan ke bawah lantai. Setelah Anda beberapa kali menggunakan cemilan untuk menariknya, lakukan latihan berbaring ini tanpa cemilan.

Baca Juga: Mengenal 4 Karakteristik Anjing Ras Siberian Husky

Stay (Diam)

Latihan ini sama seperti menyuruhnya berbaring atau duduk, tetapi sebenarnya diperuntukan agar anjing Anda tenang. Dilansir dari Wikihow.com, Anda bisa mengatakan “stop”, “stay”, atau perintah apapun yang diinginkan. Tunggu beberapa detik setelah anjing berhasil mengambil posisi ini. Jika dia sudah bisa bersabar menunggu, berilah cemilan. Ulangi lagi proses ini dan perpanjang durasi antara perintah dan pemberian hadiah. Selain durasi menunggu, Anda dapat menyempurnakan latihannya dengan menjauh darinya. Jika dia tetap diam saat Anda menjauh, berikan cemilan untuknya.

Come (Datang)

Perintah ini ditujukan agar anjing datang. Anda dapat melakukannya di jarak yang cukup jauh dari anjing. Sambil membawa cemilan, ucapkan “come” beberapa kali untuk memerintahkan anjing. Jika dia datang menghampiri, berikan cemilan. Ulangi latihan ini berulang-ulang agar ia bisa mengingat dan memahaminya.

Heel (Jalan)

Perintah ini ditujukan agar anjing berjalan di sebelah kita dan sejajar dengan kita. Anda dapat melakukan latihan ini dengan berjalan santai dengannya. Ucapkan perintah “heel” secara berulang agar anjing mengikuti Anda baik saat Anda berjalan ringan atau berlari. Bahkan saat Anda berbalik, anjing harus bisa mengikuti Anda. Jika dia berhasil, berikan cemilan untuk memujinya.

Selanjutnya: Bolehkah Anjing Peliharaan Diberi Makanan Buah Apel?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News