HOME, Keluarga

Beberapa Cara Mengatasi Anjing Peliharaan yang Penakut

Beberapa Cara Mengatasi Anjing Peliharaan yang Penakut

MOMSMONEY.ID - Watak anjing secara alamiah memiliki insting naluri bertahan di alam liar, sehingga dia sering disebut sebagai hewan peliharaan yang dikenal pemberani. Bahkan, banyak anjing peliharaan berperan sebagai pengawal majikannya.

Namun, terkadang hal tak terduga bisa terjadi. Beberapa anjing memiliki trauma terhadap suatu hal yang membuatnya jadi penakut. Baik itu datang dari orang asing, suara rebut kembang api, petir, truk pengangkut sampah, perjalanan ke dokter hewan, dan lain-lain.

Selain trauma, anjing peliharaan yang tidak terlatih juga bisa mengalami hal yang sama. Mereka bahkan bisa jadi pemalu. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga: Cara Menangani Anjing Peliharaan dengan Perilaku Merusak

Bantu Anjing Merasa Aman

Membantu anjing agar merasa aman adalah hal pertama yang dapat Anda lakukan saat anjing tiba-tiba merasa ketakutan karena sesuatu yang ditemuinya. Anda dapat memeluknya atau memanggil untuk menjauh dari hal-hal yang membuatnya terancam.

Jika Anda berada di rumah, ajak anjing peliharaan pergi ke tempat favoritnya di dalam rumah. Di sini, dia akan merasa tenang dan lebih aman.

Tetap Tenang dan Tegas

Pertama-tama, hewan peliharaan belajar dengan melihat dan mendapat kebiasaan. Misalnya, ketika anjing melakukan hal yang baik atau benar seperti yang diperintahkan, mereka akan mendapat hadiah dari keberhasilannya itu.

Hal ini akan membuat mereka berpikir, “Jika aku melakukan ini, aku akan dapat hadiah”. Sama halnya ketika mereka ketakutan. Jika saat mereka ketakutan dan Anda datang dengan memberi kasih sayang, mereka akan terus berpikir Anda senang saat mereka ketakutan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tetap bersikap tenang dan tegas. Tegas dalam hal ini bukan marah-marah ya, Moms. Akan tetapi, Anda bertindak sebagai pemimpinnya saat anjing merasa takut.

Tenang dan tegas dalam hal ini adalah bagaimana cara Anda menghadapi hal yang ditakuti anjing. Misalnya, anjing takut dengan suara petir atau truk sampah yang datang.

Jika Anda merasa tenang, mereka akan berpikir bahwa hal yang mereka pikir menakutkan, sebenarnya tidak menakutkan karena Anda baik-baik saja. Anjing sebenarnya hewan yang cerdas dan suka meniru apa yang dilakukan tuannya.

Jangan Menghukum Anjing yang Ketakutan

Anjing yang ketakutan, sebenarnya juga merasa kecemasan dalam dirinya. Bila Anda memarahinya karena menganggap dia pengecut, itu hanya akan menambah masalah. Anda hanya akan membuat mereka lebih parah menerima rasa takut.

Dilansir dari The Spruce Pets, Anda juga dapat menempatkan diri Anda dalam bahaya, karena ketika tingkat kecemasan anjing meningkat, dia jadi lebih mudah untuk menggigit.

Lakukan hal-hal yang lembut untuk memberitahukan anjing bahwa semua baik-baik saja. Caranya seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yakni dengan ketenangan dan ketegasan. Memarahinya hanya akan membuat anjing semakin stres dan mungkin akan berbalik takut kepada Anda.

Baca Juga: Kenali Penyakit Distemper pada Anjing Peliharaan dan Pencegahannya

Tidak Memaksa Anjing Menghadapi Ketakutannya

Saat anjing merasa takut dan Anda menggunakan cara-cara untuk menunjukkan bahwa itu baik-baik saja, anjing mungkin akan tertarik untuk mencoba mendekatinya. Hal ini bisa terjadi sangat lamban dan bertahap. Namun, bisa juga anjing hanya mengamatinya daripada harus mencoba mendekat.

Dalam kondisi tersebut, Anda sebaiknya tidak memaksa anjing untuk mendekatinya atau berinteraksi dengan hal-hal yang ditakutinya. Anda tentu tak ingin seseorang yang asing bagi anjing Anda diserang bukan? Bahkan kepada Anda sendiri.

Melatih Anjing

Melatih anjing dapat dimulai dari hal-hal dasar, seperti perintah untuk duduk, menunggu, dan berbaring. Latihan perlu didorong dengan hal-hal positif yang menyenangkan untuk anjing. Misalnya, Anda dapat melakukan permainan-permainan kecil. Latihan tidak perlu dilakukan lama-lama, asalkan Anda konsisten melakukannya.

Dalam sesi latihan, ajari anjing untuk tidak merasa takut. Misalnya, melatih mengalihkan perhatiannya. Jika anjing Anda merasa takut, Anda dapat mengalihkan pikirannya dengan memerintahkan perintah-perintah yang telah Anda latih seperti memintanya duduk atau berbaring.

Hal ini akan menciptakan proses latihan yang mana dia berpikir akan mendapatkan cemilan dari keberhasilannya memenuhi perintah tersebut.

Selanjutnya: Mengenal 4 Karakteristik Anjing Ras Siberian Husky

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News