Bugar

6 Nutrisi yang Dibutuhkan Kulit agar Lembab dan Glowing, Baca di Sini

6 Nutrisi yang Dibutuhkan Kulit agar Lembab dan Glowing, Baca di Sini

MOMSMONEY.ID - Berikut beberapa nutrisi yang dibutuhkan kulit agar lembab dan glowing. 

Selain memakai produk skincare, mengonsumsi makanan bernutrisi untuk kulit juga penting. Semua makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari tentu akan berpengaruh ke tubuh, termasuk kulit.

Konsumsi makanan ini secara rutin untuk selalu menjaga dan merawat kulit. Melansir dari senka.id, berikut enam nutrisi untuk kulit supaya lembab dan glowing, yaitu: 

1. Vitamin A

Nutrisi yang dibutuhkan kulit supaya sehat dan lembab adalah vitamin A. Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A berperan dalam memelihara kesehatan kulit.

Kandungan betakaroten pada Vitamin A yang kaya antioksidan membuatnya mampu memberikan efek positif bagi kulit, seperti memperbaiki jaringan kulit yang rusak, mencerahkan wajah, menghaluskan kulit, dan juga bantu mengontrol timbulnya jerawat. 

Vitamin A didapatkan dari wortel, susu, keju, telur, atau sayuran berdaun hijau tua lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk dengan senyawa aktif retinoid (turunan dari Vitamin A) yang dapat mempercepat proses regenerasi sel. 

Baca Juga: Pahami 6 Penyebab Kulit Kasar pada Wajah yang Harus Anda Tahu

2. Vitamin E

Vitamin E sangat dikenal baik untuk merawat kesehatan kulit. Vitamin E dipercaya mampu mengurangi peradangan, mempercepat proses regenerasi kulit, melembapkan, meningkatkan elastisitas kulit, serta menjaga kulit dari paparan sinar matahari berlebih karena dapat melawan radikal bebas.

Oleh karena itu, vitamin E dibutuhkan epidermis kulit untuk memperbaiki sel yang rusak. Selain menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin E, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya akan vitamin E, seperti bayam, alpukat, brokoli, serta kacang almond. 

3. Vitamin B Kompleks

Selanjutnya, vitamin B kompleks juga berpengaruh baik untuk kulit. Sebagai zat dasar pembentuk sel tubuh, Vitamin B Kompleks mengandung kadar biotin yang dapat meminimalisir risiko dermatitis (peradangan pada kulit), serta memastikan kulit terhidrasi dan cerah secara alami.

Anda bisa menemukan vitamin B pada makanan, seperti nasi, oatmeal, pisang, dan telur. 

4. Asam Lemak Esensial

Nutrisi untuk kulit berikutnya berasal dari asam lemak esensial. Nutrisi ini mampu menurunkan kadar kolesterol, mampu mengatasi jerawat, mengurangi kemerahan akibat peradangan, mencerahkan sekaligus melembapkan kulit.

Apabila ingin merasakan manfaat asam lemak esensial, Anda bisa mengubah pola makan, contohnya melakukan diet Mediterania yang banyak mengonsumsi asam lemak esensial, seperti ikan, alpukat, atau minyak zaitun. 

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Timun Suri yang Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

5. Vitamin C

Kemudian, vitamin C juga termasuk nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga tanda penuaan dapat dicegah sejak dini.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa menggunakan produk dengan kandungan Vitamin C dalam rangkaian skincare routine milik Anda atau konsumsilah buah sitrus (jeruk dan lemon) atau sayuran, seperti brokoli, bayam, dan paprika merah. 

6. Vitamin D

Nutrisi yang dibutuhkan kulit lainnya adalah vitamin D. Sebagai vitamin yang dapat larut dalam lemak, Vitamin D erat kaitannya dengan sistem imunitas tubuh.

Kalau fungsi kekebalan memburuk, skin barrier jadi lemah dan berpotensi terjadi peradangan pada kulit. Demi mempercepat proses pemenuhan nutrisi untuk kulit tersebut, masukan sumber Vitamin D, seperti ikan salmon, minyak hati ikan kod, telur, sereal dan oatmeal dalam daftar makanan harian Anda.

Sekarang Anda sudah tahu beberapa nutrisi yang dibutuhkan kulit agar lembab dan glowing. Dapatkan dari pola makan sehat dan kandungan produk skincare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News