Bugar

Pahami 6 Penyebab Kulit Kasar pada Wajah yang Harus Anda Tahu

Pahami 6 Penyebab Kulit Kasar pada Wajah yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Bikin tidak nyaman, Anda perlu tahu beberapa penyebab kulit kasar pada wajah di sini. Permukaan kulit yang tipis membuat wajah rentan kering dan kasar.

Tentunya, masalah tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan wajah. 

Namun, masalah kulit kasar masih tetap bisa diatasi dengan melakukan perawatan kulit yang tepat. Yuk, simak enam penyebab kulit kasar pada wajah dilansir dari senka.id, yaitu: 

1. Dehidrasi

Penyebab pertama kulit kasar pada wajah adalah dehidrasi. Saat tubuh kekurangan asupan cairan, timbul keluhan kulit, seperti kulit kering, gatal, kusam, dan terasa kasar.

Gejala ini tidak cuma dimiliki oleh pemilik kulit kering saja, namun dapat dirasakan oleh semua tipe kulit. Biar hal tersebut tidak Anda rasakan, cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter sekali agar kulit terhidrasi. 

Baca Juga: Inilah 4 Obat Herbal yang Bisa Mengatasi Masalah Kulit, Apa Saja?

2. Udara ekstrim

Penyebab kulit kasar pada wajah selanjutnya adalah udara ekstrim. Perubahan udara dari dingin ke panas atau sebaliknya menyebabkan kadar kelembapan ruangan berkurang, sehingga membuat kulit jadi lebih kering dan terasa gatal.

Bahkan, pada beberapa kasus, kondisi ini bisa memicu kulit mengelupas. Oleh karena itu, saat udara dingin ataupun panas, Anda disarankan untuk menggunakan pelembap untuk meminimalisir rasa perih dan risiko kulit pecah-pecah.

3. Eksim

Eksim juga termasuk penyebab kulit kasar pada wajah. Eksim tidak hanya bikin kulit jadi kering, tapi menimbulkan rasa gatal yang mengganggu.

Gejala yang timbul, seperti penebalan kulit disertai kemerahan, kulit terkelupas, dan timbul ruam ini apabila dibiarkan dapat memicu tekstur kasar pada wajah. Supaya dapat diatasi, kunjungilah dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

4. Obat jerawat

Saat wajah sedang berjerawat, biasanya obat totol jerawat jadi solusi untuk mengatasinya.

Namun, obat totol jerawat biasanya memiliki kandungan yang cukup keras bagi pemilik kulit sensitif dan bisa jadi salah satu penyebab kulit kasar pada wajah karena menimbulkan efek samping berupa rasa kering saat digunakan. 

Baca Juga: Catat, Ini 5 Masalah Kesehatan yang Kerap Muncul saat Berpuasa

5. Eksfoliasi berlebih

Hindari terlalu sering melakukan eksfoliasi pada kulit wajah karena bisa menyebabkan kulit menjadi kasar. Saat dilakukan berlebihan, kulit jadi tipis, gampang iritasi dan terasa kasar. Lakukan eksfoliasi 1-2 x dalam seminggu saja. 

6. Psoriasis

Penyebab kulit kasar pada wajah lainnya adalah psoriasis. Biasanya psoriasis memengaruhi siklus hidup sel kulit mati, di mana sel yang harusnya beregenerasi dengan cepat malah membentuk sisik tebal, kering, gatal, dan luka merah yang perih.

Apabila Anda merasakan hal ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin apabila kulit Anda kering bersisik, gampang pecah, dan kerap berdarah.

Nah, itulah beberapa penyebab kulit kasar pada wajah yang harus Anda tahu. Dapatkan kulit sehat dan lembab dengan menghindari penyebab kulit kasar di atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News