Bugar

6 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut yang Harus Anda Tahu

6 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Sudah sejak lama digunakan, inilah beberapa manfaat minyak kemiri untuk rambut. Minyak kemiri memang sangat populer digunakan masyarakat Indonesia sampai saat ini. 

Selain dapat membuat rambut hitam dan berkilau, minyak kemiri memiliki banyak manfaat lain untuk rambut. Minyak kemiri bisa menjadi alternatif perawatan rambut alami Anda. 

Melansir dari realfood.co.id, berikut enam manfaat minyak kemiri untuk rambut, yaitu: 

1. Mengurangi Rambut Rontok

Punya masalah dengan rambut rontok? Minyak kemiri bisa jadi solusi buat Anda. Rambut rontok jika tidak segera dirawat, maka bisa menjadi kebotakan.

Namun, Anda perlu mencari tahu dahulu penyebab kerontokan dan merawat rambut berdasarkan penyebab kerontokan.

Salah satu bahan alami yang bisa diandalkan, yaitu minyak kemiri untuk mengurangi rambut yang rontok dan melebatkan rambut.

Gunakan minyak kemiri di kulit kepala sebelum keramas, sisir perlahan supaya rambut tidak kusut, lalu lanjutkan dengan keramas hingga bersih.

Cara lainnya saat tidur dengan minyak kemiri agar besok paginya rambut lebih halus dan lembut, serta bebas kusut.

2. Menebalkan Rambut

Selanjutnya, manfaat minyak kemiri adalah mampu menebalkan rambut. Anda yang punya masalah rambut tipis, bisa mulai coba perawatan dengan minyak kemiri untuk rambut.

Minyak kemiri secara alami mampu membantu merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut tampak dan terasa lebih tebal.

Tentunya hasilnya tidak instan, Anda harus gunakan secara teratur agar pertumbuhan rambut lebih maksimal dan lebih kuat daripada sebelumnya.

Baca Juga: Lakukan 4 Urutan Skincare Malam yang Benar untuk Kulit Sehat dan Lembab

3. Membuat Rambut Hitam dan Berkilau

Minyak kemiri bisa membuat rambut Anda menjadi hitam dan berkilau alami. Minyak kemiri memang mampu membuat rambut tampak lebih hitam dan berkilau saat terkena cahaya.

Jika Anda mempunyai rambut kering, gak ada salahnya untuk mengaplikasikan sedikit minyak kemiri pada rambut Anda setelah keramas sehingga rambut tampak jadi hitam dan berkilau. 

4. Menghilangkan Ketombe

Manfaat minyak kemiri untuk rambut berikutnya adalah dapat menghilangkan ketombe. Minyak kemiri secara alami mengandung anti mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan jamur yang memicu ketombe.

Meskipun efektivitas minyak kemiri untuk rambut berketombe masih memerlukan penelitian klinis lebih lanjut, tetapi banyak produk sampo berketombe yang mengandung minyak kemiri. 

Baca Juga: Jangan Buta Akan Cinta, Ketahui 6 Tanda Belum Siap Menikah yang Jarang Disadari

5. Melembapkan Rambut Kering

Kemudian, minyak kemiri juga bisa melembapkan rambut yang kering. Cara membuatnya, pertama siapkan botol spray kosong. Isi dengan ⅘ witch hazel atau rose water, menggunakan air mineral juga bisa tapi witch hazel sangat cocok untuk rambut berminyak dan rose water bermanfaat ekstra untuk rambut kering.

Tuangkan 1 sendok teh minyak kemiri untuk rambut ke dalam botol. Kocok sebelum digunakan dan semprot di saat kamu merasa rambut kering. 

6. Mencegah Munculnya Uban

Manfaat minyak kemiri untuk rambut lainnya adalah mencegah munculnya uban. Selain kusam dan tidak bersinar, minyak kemiri untuk rambut beruban juga bisa mulai diberikan karena uban muncul karena penuaan kulit kepala.

Lakukan hot oil treatment setiap minggu untuk membantu merangsang produksi sel rambut baru yang lebih kuat dan bebas uban.

Nah, itulah enam manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut. Menarik sekali dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News