HOME, Keluarga

6 Manfaat Mengonsumsi Dark Chocolate Secara Teratur untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

6 Manfaat Mengonsumsi Dark Chocolate Secara Teratur untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

MOMSMONEY.ID - Kendati dark chocolate atau cokelat hitam memiliki cita rasa yang sedikit pahit, faktanya jenis cokelat yang satu ini menyimpan banyak manfaat kesehatan.

Penelitian mengungkapkan bahwa makan dark chocolate dalam jumlah terbatas mampu menghilangkan stres, menurunkan kadar kolestrol, serta membantu menurunkan berat badan. Yang tak kalah menakjubkan, kandungan dalam dark chocolate juga menawarkan manfaat yang luar biasa bagi dunia kecantikan.

Sebagaimana dilansir dari BeBeautiful, berikut 6 manfaat mengonsumsi dark chocolate secara teratur untuk kecantikan kulit dan rambut yang layak Anda pertimbangkan.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menjaga Bibir Tetap Lembab Selama Berpuasa, Yuk Praktikkan!

1. Bertindak sebagai antioksidan

Antioksidan mampu melindungi tubuh termasuk kulit dan rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain bisa diperoleh dari penggunaan produk skincare, antioksidan juga bisa Anda temukan dalam makanan tertentu salah satunya dark chocolate.

Mengonsumsi dark chocolate secukupnya dapat membantu melengkapi fungsi produk skincare yang Anda gunakan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Jadi, sudah sepatutnya Anda mulai mengonsumsi camilan kaya antioksidan ini setidaknya satu potong per hari.

2. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Tabir surya memang penting, namun alangkah baiknya Anda menyertakan sepotong dark chocolate ke dalam menu camilan harian Anda guna membantu tabir surya bekerja lebih baik dalam mencegah masuknya sinar matahari yang dapat merusak kulit.

Dark chocolate memiliki kemampuan untuk mengurangi kemerahan pada kulit saat terkena sinar matahari. Itu artinya, mengonsumsi dark chocolate juga dapat sekaligus membantu mencegah kulit dari sengatan matahari, penyamakan, dan masalah lainnya yang muncul akibat paparan sinar matahari.

3. Memperlambat proses penuaan

Manfaat lain dari makan dark chocolate adalah membantu memperlambat proses penuaan.

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, dark chocolate mampu memberikan kulit Anda perisai terhadap radikal bebas. Adapun perisai ini akan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti bintik hitam, pigmentasi, garis-garis halus, dan kerutan.

4. Menyembuhkan kulit dengan lebih cepat

Siapa sangka bahwa mengonsumsi dark chocolate dapat membantu menyembuhkan kulit dari berbagai permasalahan dengan lebih cepat.

Kaya akan mineral dan nutrisi yang menyembuhkan, dark chocolate tidak hanya mampu membuat kulit terlihat halus dan awet muda tetapi juga bisa mengurangi tampilan bekas jerawat dan noda.

Nutrisi seperti zat besi, zinc, dan tembaga yang ditemukan dalam dark chocolate mampu bekerja sangat baik untuk mendorong pertumbuhan sel yang pada gilirannya dapat membantu meremajakan kulit.

5. Membantu meningkatkan volume rambut

Tak hanya bermanfaat untuk kulit, dark chocolate juga memiliki beberapa manfaat yang sangat menakjubkan bagi rambut salah satunya meningkatkan volume rambut. Dengan adanya nutrisi penting seperti tembaga, zinc, dan zat besi, dark chocolate dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel serta meningkatkan sirkulasi darah.

Adapun peningkatan sirkulasi darah di area kulit kepala akan merangsang folikel rambut yang tidak aktif dan menghidupkannya kembali. Proses inilah yang pada akhirnya mampu membantu meningkatkan volume rambut dan membuatnya tampak lebih penuh.

6. Mencegah infeksi kulit kepala

Manfaat terakhir dari makan dark chocolate dalam daftar kali ini adalah membantu mencegah infeksi kulit kepala.

Dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki dark chocolate, mengonsumsinya dengan rutin akan membantu mencegah infeksi pada kulit kepala. Saat kulit kepala Anda terjaga kesehatannya dan terbebas dari infeksi, rambut Anda pun akan lebih sedikit mengalami kerusakan atau kerontokan.

Itulah 6 manfaat mengonsumsi dark chocolate bagi kecantikan kulit dan rambut. Apabila Anda tertarik untuk mulai mengonsumsi dark chocolate, para ahli merekomendasikan jumlah maksimum dark chocolate yang bisa Anda makan dalam sehari adalah 30-60gr. Jadi, pastikan untuk tidak mengonsumsi dark chocolate melebihi jumlah tersebut karena akan meningkatkan asupan kalori dan bisa menyebabkan kantuk, gugup, berkeringat, hingga detak jantung lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News