HOME, Keluarga

6 Cara Mudah Menjaga Bibir Tetap Lembab Selama Berpuasa, Yuk Praktikkan!

6 Cara Mudah Menjaga Bibir Tetap Lembab Selama Berpuasa, Yuk Praktikkan!

MOMSMONEY.ID - Masalah bibir kering sering terjadi saat berpuasa akibat hidrasi atau kandungan cairan yang rendah pada tubuh.

Tidak seperti bagian kulit lainnya, kulit di area bibir sangat sensitif terhadap kekurangan kelembaban. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi bibir yang tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembabannya. Tak sampai di situ, kulit bibir juga 15 kali lebih tipis dari bagian tubuh lainnya.

Maka tidak heran jika bibir sangat mudah mengering dan pecah-pecah ketika tubuh kekurangan cairan dan tidak dilakukan upaya ekstra untuk merawatnya. Jika Anda menginginkan bibir yang tetap lembab dan cantik selama berpuasa di bulan ramadan, maka menggunakan lipstick yang mengandung moisturizer saja tidak cukup. Sebagai tambahan, ikuti 6 cara yang dilansir dari MyLustre dan Arab News ini untuk menjaga bibir tetap lembab selama berpuasa dengan mudah.

Baca Juga: 5 Cara Efektif untuk Membantu Meningkatkan Daya Ingat Anak

1. Minum banyak air

Cara terbaik untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah dari dalam adalah dengan meningkatkan asupan air selama berbuka puasa dan sahur. Secara umum, minum dua liter air per hari mampu membuat tubuh terhidrasi sekaligus memastikan bibir tetap lembut.

Selain minum banyak air, disarankan juga bagi Anda untuk memasukkan sup, sayur dan buah, serta teh herbal guna memberikan asupan cairan tambahan.

2. Eksfoliasi bibir

Mengeksfoliasi bibir akan membuatnya lebih lembut dan terhidrasi tanpa menghilangkan kelembaban alaminya.

Anda bisa mengeksfoliasi bibir Anda menggunakan lip scrub siap pakai atau membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur. Anda dapat meramu lip scrub rumahan dengan mencampurkan madu, minyak kelapa, dan gula pasir dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, oleskan dan gosok-gosokkan campuran tersebut secara lembut ke seluruh bibir Anda hingga bibir terasa lembut.

3. Pakai lip mask

Sama halnya dengan sheet mask atau eye mask, lip mask pun praktis digunakan dan dikemas dengan bahan-bahan pelembab seperti hyaluronic acid, shea butter, dan vitamin E.

Sebelum tidur, letakkan lembaran lip mask favorit Anda di atas bibir selama sekitar 10 menit atau sesuai aturan pemakaian. Kemudian, lepaskan lip mask dan biarkan serum yang tersisa menyerap ke dalam kulit bibir Anda alih-alih dibersihkan. Ini tidak hanya bermanfaat untuk melembabkan, tetapi juga mampu mengisi kerutan halus yang ada pada bibir.

4. Gunakan humidifier

Cuaca panas dan udara kering di siang hari bisa membuat bibir mengering terutama saat Anda berpuasa. Selama berada di dalam ruangan, Anda bisa menggunakan humidifier guna membantu mengatasi bibir kering tatkala berpuasa.

Bekerja dengan cara meningkatkan kelembaban di udara, humidifier akan membuat kulit Anda tetap terhidrasi secara keseluruhan termasuk di area bibir. Jika memang diperlukan, Anda bisa menggunakan humidifier saat bekerja indoor atau sebelum tidur.

5. Kurangi makanan pedas dan asin

Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan asin ternyata dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah lho, Moms. Pasalnya, makanan pedas bisa membuat tenggorokan terasa lebih kering saat berpuasa. Akibatnya, Anda akan menjadi lebih mudah haus dan dehidrasi.

Sementara itu, kandungan garam pada makanan asin dapat menarik kelembaban air dan mengiritasi kulit bibir sehingga menjadikannya rentan kering bahkan pecah-pecah.

6. Aplikasikan lip balm ber-SPF

Jangan lupa untuk mengaplikasikan lip balm ber-SPF minimal 15 untuk melindungi bibir Anda dari paparan sinar matahari. Saat berpuasa, asupan air dalam tubuh yang kurang dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering.

Oleh sebab itu, penggunaan lip balm setiap hari patut Anda biasakan termasuk selama berpuasa guna menjaga kelembaban bibir sekaligus mencegahnya pecah-pecah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News