Bugar

6 Manfaat Arang untuk Kulit Wajah Pada Produk Skincare

6 Manfaat Arang untuk Kulit Wajah Pada Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Dipilih sebagai salah satu kandungan skincare, Anda perlu mengenal beberapa manfaat arang untuk kulit wajah. 

Arang aktif memiliki kekuatan adsorpsi atau proses penyerapan seperti busa dan sifatnya yang tidak aktif bereaksi. Namun, arang yang dimaksud bukan arang untuk memanggang makanan atau arang bara api, tetapi karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami.

Ada banyak produk skincare yang mempercayai arang sebagai bahan utama, seperti sabun wajah dan masker. Berikut enam manfaat arang untuk kulit wajah dilansir dari thebodyshop.co.id

1. Melembutkan kulit

Manfaat arang untuk wajah adalah dapat melembutkan kulit. Penggunaan riasan dan paparan kotoran dari polusi dan debu akan menimbulkan efek negatif pada kulit.

Salah satunya, kulit menjadi kasar. Anda bisa menggunakan produk skincare yang mengandung arang untuk memperbaiki tekstur kulit, membuatnya lebih lembut serta lebih lentur.

2. Mengatasi kulit kusam

Arang juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kusam. Polusi udara seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, debu jalanan, dan radiasi sinar ultraviolet bisa mengakibatkan kulit wajah terlihat kusam.

Jaga kesehatan kulit Anda dengan mengoleskan masker arang. Di dalam arang terdapat karbon aktif yang bias mengangkat seluruh polutan tersebut.

Baca Juga: Promo Mister Aladin 1-24 Maret 2023, Diskon Tiket Pesawat Domestik hingga Rp 150.000

3. Mengurangi keriput

Arang termasuk salah satu bahan alami yang bisa membuat kulit awet muda. Arang bisa mengurangi kulit yang keriput, terutama jika Anda rajin memijat kulit wajah dengan masker wajah alami dari arang.

Pijatlah wajah secara melingkar untuk melepaskan ketegangan antara garis penuaan. Cara ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tanda keriput.

4. Menghilangkan komedo dan whitehead

Manfaat arang untuk wajah selanjutnya adalah menghilangkan komedo dan whitehead. Biasanya komedo muncul pada area T-zone (dahi, hidung, dagu) pada wajah.

Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan masker arang di area yang terdapat komedo. Gunakanlah masker arang setiap minggu untuk mendapatkan kulit bebas komedo.

Selain itu, masalah kulit whitehead juga bisa dihilangkan dengan kandungan yang dimiliki arang. Whitehead adalah jenis jerawat yang terbentuk ketika bakteri, minyak, dan sel kulit mati menyumbat pori-pori.

Adanya whitehead bisa membuat kulit tampak bergelombang dan tidak sehat. Anda bisa menggunakan arang untuk membantu menghilangkan whitehead.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Carica untuk Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu

5. Menyeimbangkan produsi minyak di wajah

Berikutnya, arang juga mampu menyeimbangkan produksi minyak di wajah.  Terutama Anda yang memiliki jenis kulit yang berminyak, masker arang akan membantu membuat wajah tidak kering dan menyeimbangkan produksi minyak hingga setelah penggunaan.

6. Menutup pori-pori besar

Manfaat arang untuk wajah lainnya adalah menutup pori-pori besar. Kulit yang memiliki pori-pori besar bisa menyebabkan kotoran, polusi, dan zat kimia dari kosmetik menumpuk di kulit sehingga komedo mudah sekali muncul.

Dengan adanya arang maka bisa membantu memperkecil pori-pori besar. Gunakan saja masker wajah alami dari arang yang dipercaya mampu mengangkat semua kotoran dalam pori-pori sekaligus mengecilkan pori-pori Anda.

Apakah tertarik mencoba kandungan arang di produk skincare? Nah, itulah beberapa manfaat arang untuk kulit wajah yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News