Bugar

5 Manfaat Buah Carica untuk Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu

5 Manfaat Buah Carica untuk Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Pentingnya Anda mengenal manfaat buah carica untuk wajah. Buah carica memilki bentuk yang mirip dengan pepaya.

Buah ini berukuran kecil dan memiliki warna kuning pertanda telah masak. Buah carica biasanya diolah menjadi manisan buah.

Di balik rasanya yang enak, buah ini memiliki segudang manfaat untuk kulit wajah.

Buah carica mengandung vitamin C, vitamin A, antioksidan dan vitamin E di dalamnya sehingga sangat baik untuk kulit. Lebih jelasnya, berikut lima manfaat buah carica untuk wajah dilansir dari evamuliaclinic.com, yaitu: 

Baca Juga: 3 Cara Membuat Toner Alami dari Rumah, Tidak Sulit

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat pertama buah carica untuk wajah adalah dapat mencegah penuaan dini. Tanda-tanda penuaan yang bisa Anda lihat yaitu munculnya garis-garis halus pada kulit dan bercak hitam pada wajah.

Buah carica bisa mencegah penuaan dini karena banyak mengandung vitamin C dalam pembentukan kolagen. Dengan menjaga kolagen dalam tubuh, kulit wajah akan terhindar dari penuaan dini, kerutan dan kulit lebih halus.

2. Menangkal radikal bebas

Manfaat buah carica selajutnya adalah menangkal radikal bebas. Buah carica mampu melawan radikal bebas dari sinar UV karena mengandung vitamin C dan E. Sehingga, tubuh Anda akan terlindungi dari bahaya sinar UV jika mengonsumsi buah ini.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Rosehip Oil untuk Wajah, Atasi Peradangan dan Jerawat

3. Mengatasi masalah jerawat

Berikutnya, manfaat buah carica untuk wajah adalah mampu mengatasi masalah jerawat. Buah ini bisa mengobati dan mengurangi munculnya jerawat yang menyerang kulit.

Sebab, buah carica mengandung enzim papain yang efektif dalam mengobati jerawat dan mengurangi bekas jerawat yang akan tertinggal.

4. Mengecilkan pori-pori

Buah carica juga dipercaya bisa mengecilkan pori-pori wajah lantaran mengandung vitamin A yang dapat membantu mempercepat proses pembentukan sel kulit baru.

Alhasil, risiko pori-pori tersumbat dengan sel kulit mati akan berkurang. Pori-pori kulit perlahan mengecil setelah menggunakan buah carica.

5. Meratakan warna kulit

Manfaat buah carica lainnya adalah bisa meratakan warna kulit. Memiliki kulit belang atau bekas jerawat yang menghitam?

Buah carica bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini karena merupakan exfoliator alami. Selain itu, beta-karoten, enzim, dan fitokimia dalam buah ini dapat membuat wajah Anda terlihat lebih cerah.

Nah, itulah lima manfaat buah carica untuk kulit wajah. Buah carica bisa menjadi alternatif makanan sehat untuk kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News