Keluarga

6 Kebiasaan Mandi yang Berisiko Merusak Kulit, Yuk Hindari!

6 Kebiasaan Mandi yang Berisiko Merusak Kulit, Yuk Hindari!

MOMSMONEY.ID - Patut Anda simak, inilah 6 kebiasaan mandi yang berisiko merusak kulit.

Mandi merupakan rutinitas harian yang tidak boleh dilewatkan baik oleh anak kecil maupun orang dewasa.

Meskipun terlihat biasa saja, faktanya mandi harus dilakukan secara tepat salah satunya dengan menghindari kebiasaan mandi yang berisiko merusak kulit.

Apa saja kebiasaan mandi yang berisiko merusak kulit? Ini uraiannya sebagaimana dilansir dari Bustle.

Baca Juga: Alternatif Retinol, Ini 4 Rekomendasi Serum Bakuchiol Terbaik dari Merek Lokal

1. Tidak pakai pelembab setelah mandi

Tujuan mandi tentu untuk membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel setelah seharian beraktivitas.

Meskipun segar, namun mandi bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk segera memakai produk pelembab seperti body lotion sesaat setelah mandi.

Ketika Anda enggan memakai pelembab setelah mandi, itu artinya Anda melewatkan satu langkah penting dalam perawatan tubuh. Padahal, menggunakan pelembab tepat setelah mandi akan membantu menjebak kelembaban pada kulit Anda.

2. Menggosok kulit secara berlebihan

Scrubbing terlebih menggunakan sabun berformula keras memang ampuh untuk membuat tubuh terasa bersih. Akan tetapi, cara tersebut berisiko merusak skin barrier atau penghalang alami kulit.

Tak sampai di situ, ketika Anda menggosok-gosok tubuh secara berlebihan, kulit akan menjadi rentan terhadap permasalahan kulit kering dan eksim.

Pastikan untuk tidak terlalu sering melakukan scrubbing guna menghindari iritasi kulit. Lakukanlah aktivitas ini sebanyak 1-2 saja dalam seminggu.

3. Malas mengganti shower puff

Shower puff adalah alat mandi berbentuk jaring-jaring yang berguna untuk menghasilkan busa melimpah dari sabun cair yang digunakan.

Penggunaan shower puff memang bisa meningkatkan sensasi mandi. Kendati demikian, shower puff yang sama tidak boleh digunakan secara berulang-ulang dalam waktu yang lama. Karena, shower puff berpotensi menjadi sarang bakteri dan jamur.

Selalu ingat untuk tidak malas mengganti shower puff lama dengan yang baru setelah 4 minggu penggunaan supaya Anda terhindar dari infeksi atau berbagai permasalahan kesehatan lainnya.

Baca Juga: 5 Pose Yoga yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil, Moms Bisa Praktikkan

4. Mandi terlalu lama

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk sekali mandi? Apakah kurang dari atau justru lebih dari 10 menit?

Apabila Anda selalu mandi lebih dari 10 menit, maka siap-siap saja jika kulit Anda akan menjadi lebih kering.

Mandi lebih dari satu kali sehari dengan durasi masing-masing melebihi 10 menit akan membuat minyak alami yang ada di dalam kulit menghilang. Selain itu, mandi terlalu lama juga akan menguapkan hidrasi yang dibutuhkan kulit untuk tetap lembab.

5. Mandi dengan air yang terlalu panas

Mandi air panas dengan durasi lama dapat membuat kulit kekeringan. Tak hanya itu, hobi mandi air panas juga akan membuat kulit lebih rentan terhadap kondisi peradangan kulit seperti eksim.

Apabila Anda tidak bisa berhenti mandi air panas, cobalah untuk mandi menggunakan air bersuhu hangat alih-alih air bersuhu sangat panas.

Jangan lupa juga untuk memangkas waktu mandi Anda menjadi kurang dari 5 menit agar kulit Anda terhindar dari permasalahan kulit yang tidak diinginkan.

6. Tidak mandi setelah olahraga

Setelah berolahraga, keringat dan minyak tentu akan mengucur ke seluruh tubuh. Jika tidak segera dibersihkan, keringat dan minyak akan tertahan oleh pakaian olahraga yang biasanya ketat.

Dibandingkan kulit harus mengalami breakout, sangat disarankan bagi Anda untuk segera mandi sesaat setelah berolahraga.

Walaupun begitu, Anda harus mengeringkan tubuh terlebih dahulu sebelum mandi. Pasalnya, mandi dalam kondisi berkeringat dapat menimbulkan jamur dan bakteri.

Sekian informasi seputar kebiasaan mandi yang berisiko merusak kulit. Apabila kebiasaan di atas masih Anda lakukan, pastikan untuk segera menghentikannya. Selalu ingat juga untuk rajin mandi 2 kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News