Keluarga

5 Pose Yoga yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil, Moms Bisa Praktikkan

5 Pose Yoga yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil, Moms Bisa Praktikkan

MOMSMONEY.ID - Cari tahu pose yoga yang bermanfaat untuk ibu hamil di sini.

Yoga merupakan salah satu olahraga yang aman untuk ibu hamil. Selain bermanfaat untuk menenangkan pikiran, yoga juga dapat membantu meregangkan otot dan bahkan mengatasi nyeri kehamilan.

Jenis yoga yang aman dilakukan oleh para ibu hamil adalah yoga prenatal. Yoga prenatal memiliki beragam manfaat di antaranya meningkatkan kebugaran, memperkuat otot, dan meningkatkan fleksibilitas untuk mengurangi ketidaknyamanan kehamilan.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr. Jeff Livingston dalam laman MacArthur Medical Center membagikan lima pose yoga yang bermanfaat untuk ibu hamil sebagai berikut:

Baca Juga: 5 Manfaat Yoga untuk Kecantikan, Lakukan Secara Rutin!

1. Standing squat

Standing squat

Pose yoga pertama yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah standing squat. Standing squat termasuk cara yang bagus untuk melatih otot inti serta membangun kekuatan tubuh bagian bawah.

Tidak memerlukan peralatan khusus, Anda dapat melakukan standing squat di sekitar dinding untuk memberikan keseimbangan.

Saat Anda melakukan standing squat, itu akan memperkuat paha Anda sekaligus membantu membuka panggul guna memudahkan bayi turun saat waktu melahirkan tiba.

2. Goddess pose

Goddess pose

Pose yoga kedua yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah goddess pose. Sembari berdiri, ambilah langkah lebar dengan kedua kaki mengarah ke sudut ruangan yang berlawanan

Jaga agar lengan dan punggung Anda tetap lurus, kemudian dorong panggul ke arah bawah. Pastikan Anda fokus pada napas yang lambat, dalam, dan santai.

Goddess pose layak Anda praktikkan untuk membuka pinggul dan memperkuat kaki bagian bawah.

3. Cat-cow stretch

Cat-cow stretch

Pose yoga ketiga yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah cat-cow stretch. Cat-cow stretch adalah latihan yang bagus untuk mengurangi ketegangan di tulang belakang.

Gerakan-gerakan pada cat-cow stretch harus dilakukan secara perlahan dengan perhatian terfokus pada napas yang lambat dan dalam.

Mulailah dengan posisi merangkak dan lanjutkan dengan menurunkan perut Anda ke bawah. Bersamaan dengan gerakan tadi, angkat kepala Anda dengan dagu mengarah ke depan. Terakhir, tarik napas dan bulatkan punggung sembari membawa dagu Anda ke arah dada.

Baca Juga: Tak Harus Punya Pasangan, Ini 4 Manfaat Memakai Lingerie untuk Wanita Single

4. Gentle seated side bends

Gentle seated side bends

Pose yoga keempat yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah gentle seated side bends. Bermanfaat untuk meredakan ketegangan di punggung bagian bawah, pinggul, leher, dan bahu, Anda dapat memulai gerakan ini dengan duduk di lantai atau matras yoga.

Lalu, jaga agar punggung Anda tetap lurus dan tekuk perlahan dari satu sisi ke sisi lainnya.

Tahan setiap peregangan melalui tarikan napas dalam-dalam dan embuskan.

5. Tree pose

Tree pose

Pose yoga kelima yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah tree pose. Tree pose atau pose pohon dapat memperkuat otot pada kaki, betis, maupun tungkai kaki.

Pose ini membutuhkan konsentrasi pada keseimbangan dan kesadaran tubuh.

Untuk melakukannya, berdirilah dengan satu kaki Anda. Lanjutkan dengan menyandarkan kaki lainnya pada kaki yang berdiri. Sandarkan kaki pada bagian pergelangan kaki (jika Anda bisa) atau bawah lutut.

Demikian 5 pose yoga yang bermanfaat untuk ibu hamil. Sebelum mempraktikkan pose yoga di atas, selalu ingat untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan bidan Anda, ya.

Jika kehamilan Anda berisiko tinggi atau Anda memiliki komplikasi medis, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan sebelum memulai yoga.

Untuk solusi terbaik, Anda bisa bergabung dengan kelas yoga dan instruktur berkualifikasi akan memandu Anda secara aman dan efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News