HOME, Keluarga

6 Jenis Kaktus yang Cocok Diletakkan Dalam Ruangan

6 Jenis Kaktus yang Cocok Diletakkan Dalam Ruangan

MOMSMONEY.ID - Kaktus adalah tanaman berduri yang memiliki keahlian menyimpan cadangan air di dalam daun batangnya. Mereka rata-rata menyukai udara yang kering dan suhu rata-rata ruangan, tetapi beberapa sinar matahari terkadang diperlukan untuk kesehatan kaktus. Beberapa kaktus dapat hidup dengan sinar matahari tidak langsung, artinya dapat diletakkan di dalam ruangan.

Kaktus dalam ruangan umumnya berbentuk kecil, sehingga mudah diatur letaknya dan cara merawatnya. Jika Anda tertarik untuk memulai atau menambah koleksi, berikut 6 jenis kaktus yang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Tanaman Hias Merambat

Kaktus Saguaro

Kaktus saguaro atau biasa dikenal juga dengan sebutan kaktus koboi ternyata dapat hidup selama dua abad. Tanaman ini akan memakan waktu 40 tahun untuk berbunga dan dapat tumbuh besar hingga 40 kaki. Dilansir dari Thespruce.com, laju pertumbuhan yang lambat dari kaktus ini memungkinkan untuk menanamnya selama bertahun-tahun sebagai tanaman hias dalam ruangan juga.

Pada siang hari, saguaro membutuhkan sinar matahari penuh, maka letakkan dia di dekat jendela ruangan yang terkena sinar matahari. Anda juga perlu melakukan penyiraman sebanyak 10-14 hari sekali atau satu bulan sekali saja bila cuaca sedang mendung.

Kaktus Barel

Peringatan pertama untuk kaktus jenis ini adalah hati-hati karena durinya sangat panjang. Jika terluka, Anda membutuhkan antibiotik untuk sembuh. Namun, keindahannya tak perlu diragukan lagi. Ada berbagai ukuran untuk tanaman ini, tapi semuanya berbentuk silinder.

Saat masih muda, tanaman ini akan tumbuh dengan cepat, lalu melambat setelah beberapa waktu. Mereka sempurna berada di dalam ruangan dengan sinar matahari secukupnya. Sebab, bila terkena sinar matahari langsung, mereka akan menjadi kerdil dan terbakar sinar matahari, sehingga gagal berkembang. Kendati demikian, kebutuhan air kaktus barel tidak tinggi.  Anda bahkan dapat menyiraminya sebanyak 2-3 bulan sekali.

Baca Juga: 4 Perbedaan Tanaman Kaktus dan Sukulen

Kaktus Bulan

Kaktus bulan memiliki nama latin Gymnocalycium mihanovichii, yang berasal dari Paraguay dan Argentina. Kaktus ini memiliki bunga di puncak kaktusnya yang berwarna merah, merah muda, oranye, atau kuning, serta bentuknya seperti bola.

Kaktus ini tidak membutuhkan banyak air. Anda dapat menyiraminya saat kondisi tanah terasa kering dan tak perlu menyirami saat cuaca sedang hujan. Untuk sinar matahari, mereka berkembang paling baik dalam terang tetapi tidak langsung. Sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan!

Baca Juga: Cara Merawat Sukulen yang Anti Ribet di Dalam Ruangan

Kaktus Telinga Kelinci (Bunny Ears Cactus)

Kaktus telinga kelinci (bunny ears cactus) memiliki nama ilmiah Opuntia microdasys, yang asalnya dari Meksiko bagian utara dan tengah. Kaktus ini disebut telinga kelinci karena memiliki dua buah bantalan yang berbentuk seperti telinga kelinci. Batangnya memiliki panjang 6-15 cm dan lebar 4-12 cm.

Mereka tidak memiliki duri, tetapi memiliki glochids kuning atau putih berukuran 2-3 mm dan tak beraturan. Akan tetapi, hati-hati dengan glochids ini karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Kaktus bunny ears ini jika terkena cukup sinar matahari akan memekarkan bunga putih yang cantik. Mereka bahkan dapat berbuah jika sudah dewasa. Anda dapat menyiraminya saat kondisi tanahny cukup kering.

Kaktus Nyonya Tua (Old Lady Cactus)

Kaktus nyonya tua memiliki nama latin Mammillaria Hahniana yang berasal dari Meksiko dan tumbuh hinggi 10-20 inci. Kaktus ini biasanya ditutupi oleh duri putih tajam dan rambut putih seperti rambut wanita tua. Anda harus berhati-hati dengan duri-duri ini.

Kaktus nyonya tua mudah dirawat dan bila beruntung, mereka akan berbunga ungu kemerahan yang menakjubkan di ujung tanamannya. Sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan yang cerah dan tak perlu banyak mendapat penyiraman. Jendela yang menghadap ke selatan sangat cocok.

Kaktus Bintang (Topi Uskup)

Kaktus bintang atau topi uskup memiliki nama ilmiah Astrophytum myriostigma. Secara fisik, dia memiliki sekitar tiga hingga tujuh tulang rusuk vertikal yang membuat bentuknya seperti bintang. Saat dewasa dia dapat tumbuh setinggi 70-100 cm dengan diameter 10-20 cm. Bunganya seperti bunga aster yang muncul di puncak tanamannya. Berwarna kuning krem dengan dasar merah atau oranye, tetapi munculnya membutuhkan waktu enam tahun untuk berbunga.

Tanaman ini tak dapat menerima banyak sinar matahari, sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan. Namun, kaktus ini juga tidak membutuhkan banyak air.  

Selanjutnya: 7 Jenis Tanaman Obat Keluarga Paling Umum Ditanam dan Khasiatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News