Keluarga

6 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Nyaman

6 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Nyaman

MOMSMONEY.ID - Saat ini dapur tak hanya jadi tempat memasak, namun juga tempat keluarga berkumpul dan berbincang sembari berbagi makanan. Untuk itu perlu cara menata dapur agar terlihat lebih nyaman.

Anda membutuhkan ide dan cara yang kreatif. Melansir Homes and Gardens tata letak, material dan pencahayaan menjadi peran penting dalam membuat dapur terasa lebih nyaman.  

Berikut cara menata dapur agar terlihat lebih nyaman bagi seluruh anggota keluarga

1. Tambahkan karpet sebagai area jalan

Dapur menggunakan karpet

Lantai yang terbuat dari porselen atau kayu memang cukup populer untuk membuat dapur. Apalagi bahan-bahan ini lebih mudah dibersihkan dan tahan panas. Namun penggunaan bahan-bahan ini bisa membuat dapur terasa dingin. 

Baca Juga: Beli Rumah Subsidi, Simak Suku Bunga KPR BTN Subsidi dan Syarat Pengajuannya

Cara membuat dapur jadi nyaman, rapi dan bersih Anda bisa menambahkan karpet. Dapur pasti terasa lebih nyaman dan bisa membantu meredam suara. Pilih karpet yang tipis supaya lebih mudah dibersihkan. 

2. Tambahkan area sosialisasi di dapur

Dapur dengn social spaces

Jika dapur memiliki ruang yang cukup, Anda bisa membuat area sosialisasi di dapur.

Anda bisa membuat area untuk anak duduk dan melakukan pekerjaan rumah. Area ini juga bisa digunakan untuk menikmati waktu luang yang singkat sembari menyeruput kopi. 

3. Tambahkan beberapa lampu

Penataan lampu di dapur

Cara membuat dapur jadi lebih nyaman adalah menambahkan beberapa jenis lampu seperti lampu utama langit-langit, lampu meja dan lampu dinding.

Ini akan membuat suasana di dapur terlihat lebih romantis di petang hari. Gunakan lampu-lampu tambahan ini saat Anda dan keluarga berkumpul di dapur. 

4. Cat dinding dan kabinet dengan warna earth-tones

Rak dapur warna netral

Cara membuat dapur terlihat rapi, bersih dan nyaman selanjutnya menambahkan cat warna cokelat. Warna ini memberikan efek yang tepat untuk Anda merasa nyaman.

Selain terlihat tenang, warna ini juga tak membuat mata mudah lelah. Warna cokelat juga  membuat dapur terlihat lebih natural.

5. Jangan takut menggunakan warna gelap di dapur

Dapur dengan warna hitam

Jika memiliki kabinet di dapur, coba beri cat warna gelap. Warna ini membuat dinding terlihat lebih menonjol dan membuat suasana  di dapur lebih nyaman dan intim.

Warna yang dramatis ini membuat dapur terlihat memiliki karakter yang kuat. Dengan perpaduan warna yang tepat, penggunaan warna gelap sebagai fokus juga membuat dapur jadi terasa luas.

6. Gunakan elemen kayu di dapur

Dapur dengan unsur kayu

Baca Juga: Suku Bunga KPR BTN Terbaru, buat Anda yang Baru Pertama Kali Membeli Rumah

Anda bisa menggunakan elemen kayu di lantai atau di kabinet. Dijamin membuat ruangan dapur terasa lebih nyaman. Apalagi dengan perawatan yang tepat, unsur kayu di dapur menjadi lebih indah.

Tentu kehangatan kayu jadi alasan utama elemen ini tepat berada di dapur. Coba juga terapkan dengan penggunaan rak kayu pada dinding dapur. 

Nah itu dia informasi mengenai cara menata dapur agar terlihat lebih nyaman yang bisa Anda terapkan di rumah. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News