Keluarga

6 Buah Unik dari Korea Selatan, Punya Bentuk dan Warna yang Khas

6 Buah Unik dari Korea Selatan, Punya Bentuk dan Warna yang Khas

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, ternyata ada deretan buah unik dari Korea Selatan yang cukup khas. Meski tak seluruhnya asli negara tersebut, namun buah-buahan berikut ini lebih dikenal sebagai ciri khas dari Korea.

Mulai dari bentuk, warna, hingga rasa, deretan buah unik dari Korea ini wajib Anda coba saat berkunjung ke Korea Selatan. Biasanya, buah-buahan ini banyak dijual di pasar buah yang tersebar dimanapun.

Langsung intip buah-buah unik yang berikut ini. Melansir dari Carving a Journey, Hey That Tastes Good, dan Lacademie, berikut selengkapnya.

Baca Juga: Dijamin Super Pedas, Ini Dia 6 Jenis Sambal Khas Nusantara yang Wajib Dicoba

Chamoe – Melon Korea

Buah unik dari Korea: Chamoe Melon Korea

Chamoe atau yang disebut juga sebagai Melon Korea merupakan salah satu jenis buah unik dari Korea. Melon ini memiliki warna yang khas, yakni kuning cerah dengan garis-garis yang mengelilinginya.

Orang Korea menggambarkan Chamoe sebagai campuran antara melon & mentimun. Namun mereka juga menganggap bahwa rasa Chamoe begitu mirip dengan buah pir.

Bae – Pir Korea

Buah dari Korea yang selanjutnya disebut juga Bae. Bae merupakan pir Korea atau biasa dikenal masyarakat Asia sebagai Pir Asia. Bentuk buah pir ini bulat besar, bertekstur renyah, berair, serta rasanya sedikit mirip dengan apel.

Di Korea, Bae disajikan bukan Cuma sebagai buah-buahan segar, tapi juga untuk bahan memasak bulgogi yang fungsinya sebagai pemanis & pelunak daging.

Baca Juga: 6 Jenis Kimchi yang Paling Populer dan Disukai Masyarakat Korea

Yuja – Yuzu Lemon

Yuja atau Yuzu merupakan salah satu buah unik dari Korea. Meski berasal dari China bagian tengah, namun masyarakat Asia lebih mengenal buah lemon ini sebagai buah asal Jepang.

Di Korea sendiri, Yuzu dikenal sebagai Yuja. Yuja merupakan persilangan antara jeruk nipis, lemon, dan jeruk bali. Yuja biasanya matang di pohon selama periode musim dingin, tepatnya pada bulan Okrober – Desember.

Karena rasanya yang terlalu asam, buah unik dari Korea ini sering dipadukan dengan gula & madu hingga berubah menjadi sirup kental yang baik untuk kesehatan.

Hallabong - Jeruk dari Pulau Jeju

Buah unik dari Korea: Hallabong

Hallabong atau yang biasa dikenal sebagai Jeju Hallabong (jeruk dari Pulau Jeju) merupakan salah satu buah unik dari Korea yang tumbuh subur di daerah pegunungan Halla, Pulau Jeju.

Hallabong sendiri merupakan buah hibrida, perpaduan antara Ponkan & Kiyomi yang pertama kali lahir pada 1972 di Jepang. Ukuran buah ini besar, sangat manis dan sedikit rasa getir, serta dagingnya yang super lembut.

Di Korea, buah unik ini biasanya dikonsumsi saat musim panas tiba.

Baca Juga: Bikin Pusing hingga Mual, Ternyata Ini 6 Makanan Paling Bau di Dunia Selain Durian

Geum Gyul – Kumkuat

Buah unik dari Korea: Kumkuat

Geum Gyul atau Kumkuat bukanlah jenis buah yang familiar di telinga orang Indonesia. Meski begitu, buah ini cukup terkenal di wilayah Asia Timur.

Secara penampilan, buah ini mirip dengan buah jeruk yang berukuran super kecil dan lonjong. Ukurannya mirip dengan buah zaitun versi besar.

Bagi yang penasaran dengan buah unik dari Korea ini, Kumkuat memiliki rasa asam yang tajam, disertai dengan sedikit rasa manis.

Baca Juga: Asli Lokal, Inilah 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Tak Ada di Negara Lain

Bokbunja – Blackberry Korea

Bokbunja merupakan jenis blackberry asli dari Korea Selatan, Cina, dan Jepang.

Melansir Carving a Journey, orang Korea Selatan menggunakan Bokbunja yang tumbuh liar & yang dibudidayakan untuk menghasilkan wine yang dikenal sebagai Bokbunja Ju.

Jika pergi ke Korea Selatan, Anda dapat melihat banyaknya buah unik ini di toko bahan makanan.

Itulah deretan buah unik asal Korea yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News