Keluarga

Bikin Pusing hingga Mual, Ternyata Ini 6 Makanan Paling Bau di Dunia Selain Durian

Bikin Pusing hingga Mual, Ternyata Ini 6 Makanan Paling Bau di Dunia Selain Durian

MOMSMONEY.ID - Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara punya durian sebagai makanan paling bau di dunia. Namun, tahukan Anda, ada begitu banyak makanan dengan bau yang sangat busuk dan mengganggu.

Untuk tahu apa saja deretan makanan paling bau di dunia, berikut MomsMoney hadirkan artikelnya, melansir dari The Broad Life dan Bravo TV:

Hongeo dari Korea

Korea punya makanan paling bau di dunia. Makanan yang satu ini terbuat dari ikan skate, yakni sejenis ikan pari yang baunya mirip toilet umum!

Bernama Hong-eo (dibaca: hong-o) merupakan hidangan dari Provinsi Jeolla, Korea Selatan berupa ikan pari yang difermentasi.

Hongeo biasanya disajikan bareng kimchi dan daging-dagingan untuk mengurangi rasa bau pada mulut.

Aromanya yang menyengat bahkan mampu membuat rambut, baju, hingga 1 ruangan harus dicuci bersih sampai aromanya tak menempel.

Baca Juga: Asli Lokal, Inilah 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Tak Ada di Negara Lain

Vieux Boulogne dari Prancis

Makanan Paling Bau di Dunia: Vieux Boulogne

Vieux Boulogne merupakan salah satu makanan paling bau di dunia. Vieux Boulogne yang berasal dari Prancis adalah produk keju yang terbuat dari susu sapi yang tidak melalui proses pasteurisasi.

Para ilmuwan bahkan menilai Vieux Boulogne merupakan keju yang paling bau di dunia! Hal ini disebabkan karena metode pencelupan keju ke dalam bir selama lebih dari 2 bulan sehingga enzim pada keju berfermentasi dan menghasilkan bau super menyengat.

Baca Juga: Tak Hanya di Indonesia, 7 Menu Chinese Food Ini Juga Terkenal di Dunia

Natto dari Jepang

Natto, si makanan yang pernah popular di tahun lalu juga disebut sebagai makanan paling bau sedunia.

Natto yang terbuat dari kedelai yang difermentasi ini memiliki tekstur super lengket. Bagi banyak orang, natto disebut memiliki bau yang mirip dengan kaus kaki seseorang.

Century Egg dari Vietnam & China

Makanan Paling Bau di Dunia: Century Egg

Baca Juga: 6 Makanan Korea Utara yang Bikin Penasaran, Ada Pyeongyang Naengmyeon Juga

Jika Anda penggemar berat telur, jangan berani-beraninya makan hidangan yang satu ini. Century Egg adalah hidangan telur yang akan bikin Anda kapok memakannya!

Hidangan telur yang satu ini memiliki bau super menyengat dan sangat mengganggu. Baunya ini mirip seperti bau amoniak yang khas.

Untuk dapat membuat Century egg, telur harus dilapisi dengan air, garam, batu bara, dan kalsium oksida yang dibiarkan selama 100 hari. Lama kelamaan cangkang telur akan larut dengan sendirinya & membuat putih telur berubah menjadi kehitaman!

Sebagian orang yang pernah menyantap Century Egg mengatakan bahwa hidangan ini enak. Sebagian lagi ada yang jatuh sakit karena tak kuat dengan rasa dan aromanya.

Baca Juga: Ada Raja Ampat, Ini 6 Destinasi Wisata Terbaik 2023, Nyaman untuk Bersantai

Surstromming dari Swedia

Makanan Paling Bau di Dunia: Surstromming dari Swedia

Selalu berada dalam daftar puncak makanan paling bau di dunia, Surstromming dari Swedia merupakan hidangan yang tak hanya akan bikin orang jadi mual, tapi juga membuat siapapun pusing, mengeluarkan air mata, hingga tak jarang jadi muntah-muntah.

Surströmming sebenarnya merupakan ikan haring dari laut Baltik diasinkan, kemudian difermentasi dengan asam. Bau Surströmming dikatakan mirip dengan popok bayi yang terbakar. Ada rasa busuk, tengik, asam, sekaligus seperti bau gosong yang menyengat di hidung.

Baca Juga: 5 Jenis Jamur Asal Jepang yang Biasa Diolah dalam Aneka Masakan Jepang

Stinky tofu dari China

Dari namanya saja, makanan ini sudah jelas memiliki bau menyegat yang tak enak dicium.

Stinky Tofu yang berasal dari China merupakan salah satu street food popular yang biasa dijual di pasar malam Taiwan, Hong Kong, hingga China.

Meski bau busuknya sangat jelas tercium, namun saat disantap Stinky Tofu punya rasa yang ringan dan lembut di mulut. Tak heran, banyak orang yang menyukai hidangan ini.

Itu dia deretan makanan paling bau di dunia. Tertarik mencoba seluruh hidangan di atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News