HOME, Keluarga

6 Bahan Makanan Pengganti Santan

6 Bahan Makanan Pengganti Santan

MOMSMONEY.ID - Menjelang hari lebaran, Anda tentu tak ingin ketinggalan menyiapkan menu khas lebaran, yakni ketupat, opor ayam, dan sambal goreng. Sayangnya, kebanyakan menu ini menggunakan santan sebagai bahan masakannya. Beberapa orang memang menghindari santan untuk alasan kesehatan karena kandungan lemak jenuh yang melimpah.

Namun, Anda tetap dapat memasak opor ayam untuk lebaran dengan menggunakan bahan pengganti santan, lo! Dilansir dari High Kitchen IQ, berikut beberapa bahan pengganti santan terbaik.

Baca Juga: Mau Mudik Lebaran? Ini Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Greek Yogurt

Greek yogurt atau biasa dikenal juga dengan yogurt Yunani merupakan bahan pengganti santan tanpa rasa. Ini cocok untuk digunakan sebagai bahan memasak makanan seperti opor, gulai, dan kari. Namun, greek yogurt ini sedikit lebih berat daripada santan, sehingga menentukan kekentalannya sangat penting sebelum dimasak.

Untuk mengganti 1 cangkir (240 ml) santan, campurkan 1 cangkir (240 ml) Greek yogurt dengan  sendok makan (15 ml) air. Bila Anda ingin lebih encer lagi, Anda dapat menambahkan air sedikit demi sedikit hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

Susu Kedelai

Susu kedelai biasanya digunakan untuk mengganti susu sapi, tetapi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengganti santan. Pastikan untuk membeli susu kedelai tanpa pemanis bila akan digunakan untuk memasak agar tidak mengubah rasa makanan.

Bila ingin menggunakannya, Anda perlu mengetahui bahwa susu kedelai lebih cair daripada santan. Maka, untuk meningkatkan kekentalannya, Anda dapat menambahkan 1 sdt tepung jagung.

Susu Gandum

Susu gandum atau oat milk memang tidak memiliki tingkat konsistensi yang tipis dan tidak memiliki kekayaan rasa yang sama dengan santan. Akan tetapi, ini dapat menggantikan santan dengan baik. Untuk memperbaiki konsistensi dan rasa, Anda dapat mencapur tepung jagung sebelum memasaknya dan menambahkan minyak kelapa untuk kekayaan rasa.

Susu Almond

Sama seperti produk susu sebelumnya, susu almond dapat berfungsi sebagai pengganti santan. Akan tetapi, konsistensinya jauh lebih encer, bahkan beberapa mereka hampir seperti air. Namun, Anda dapat menambahkan 1 sdt tepung maizena untuk mengentalkan masakan, serta menambahkan minyak kelapa untuk kekayaan rasa.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Bikin Rendang Empuk untuk Sajian Lebaran

Susu Evaporasi

Susu evaporasi adalah susu tanpa pemanis yang diawetkan dalam kaleng. Ini pengganti santan yang sangat baik untuk masakan kari, opor, atau hidangan krim lainnya. Namun, rasa susu ini akan berbeda dari santan, sehingga Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan sedikit minyak kelapa untuk cita rasa santan.

Fiber Creme

Fiber creme dapat menggantikan santan dan lebih sehat. Ini karena kandungan gula serta indeks glikemiknya sangat rendah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dilansir dari FiberCrème, Bahan utama fiber creme adalah serat pangan larut oligosakarida, yang berasal dari tapioca/singkong. Isomalto-Oligoakarida termasuk dalam kelompok karbohidrat yang tidak dapat diserap oleh tubuh, sehingga tubuh tidak akan menyimpannya secara berlebihan.

Untuk menggunakannya sebagai bahan masakan, Anda dapat menambahkan 2 saset fiber crème untuk 500 g daging ayam. Meski sudah mengandung gula, tingkat kemanisan dengan bahan ini tetap dapat disesuaikan dengan selera Anda. Sementara untuk minuman, 1,5-2 g kopi dapat menggunakan 12-15 g fiber crème untuk pengganti susu. Lalu, larutkan pada 150-170 ml air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News