HOME, Keluarga

5 Tips untuk Melindungi Rambut yang Panjang Pada Saat Tidur, Sederhana Kok Moms!

5 Tips untuk Melindungi Rambut yang Panjang Pada Saat Tidur, Sederhana Kok Moms!

MOMSMONEY.ID - Selama ini, mungkin Anda sering bangun tidur dengan keadaan rambut yang berubah menjadi keriting atau kusut.

Hal itu dapat terjadi jika Anda mengabaikan rutinitas perawatan rambut sebelum tidur

Padahal, banyak hal yang tanpa disadari bisa membuat rambut mengalami kerusakan pada saat Anda tidur lho Moms.

Nah, supaya kesehatan rambut Anda tetap terjaga dengan baik selama Anda tidur terutama jika rambut Anda tergolong panjang, maka Anda patut menerapkan tips yang MomsMoney bagikan pada kesempatan kali ini.

Dilansir dari Hera Hair Beauty, inilah 5 tips sederhana yang bermanfaat untuk melindungi rambut panjang Anda pada saat tidur. Yuk, simak!

Baca Juga: Ingin Tampil Beda di Hari Imlek? 5 Gaya Rambut Ini Bisa Anda Pertimbangkan

1. Gunakan sarung bantal satin atau sutra

Pemilihan sarung bantal menjadi salah satu hal yang penting dan harus Anda perhatikan terutama jika Anda gemar berguling-guling di tempat tidur.

Perlu Anda ketahui, bahwa saat tidur rambut akan bergesekan dengan serat benang dari sarung bantal setiap kali Anda bergerak.

Akibatnya, rambut bisa mengalami stres, menjadi keriting, dan patah.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan sarung bantal yang terbuat dari serat satin atau sutra karena bahan ini dapat mengurangi gesekan yang terjadi pada rambut saat Anda tidur.

Selain itu, sarung bantal satin atau sutra juga dapat mengurangi regangan dan ketegangan pada kulit sehingga bisa sekaligus membantu menangkal kerutan akibat proses penuaan.

Yang tidak kalah penting, satin dan sutra termasuk serat dingin dan memiliki sifat hypoallergenic sehingga cocok untuk kulit sensitif dibandingkan kapas.

2. Aplikasikan essential oil pada ujung rambut sebelum tidur

Ujung rambut kemungkinan besar akan menanggung kerusakan pada saat Anda tidur. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk melindungi ujung rambut Anda dengan mengoleskan essential oil sebelum tidur.

Anda bisa menggunakan minyak almond, minyak argan, minyak jojoba, atau minyak kelapa untuk melindungi ujung rambut. 

Sebelum mengaplikasikan essential oil, pastikan rambut Anda diikat dengan menggunakan karet rambut kain.

Setelah itu, gosok-gosokkan beberapa tetes essential oil pada telapak tangan dan oleskan minyak di sekitar ujung rambut Anda. Ini akan membantu mencegah ujung rambut menjadi bercabang sekaligus menutup rambut dari gesekan.

3. Manfaatkan serum rambut atau masker rambut

Serum rambut yang ringan dapat membantu mengontrol rambut kusut saat tidur sama halnya dengan masker rambut khusus malam hari.

Kendati bagus untuk merawat rambut Anda selama tidur, namun selalu ingat untuk menghindari produk serum rambut atau masker rambut yang mengandung bahan asam seperti asam sitrat dan cuka sari apel.

Pasalnya, bahan-bahan semacam ini tidak disarankan untuk menempel pada rambut lebih dari 6 jam.

Selain itu, hindari juga penggunaan suplemen protein berat seperti telur karena dapat membebani rambut dan meningkatkan kemungkinan patah.

Sebagai gantinya, pilihlah produk yang ringan dan mengandung tumbuhan seperti lidah buaya atau peppermint untuk membantu menyegel kilau rambut, merangsang kulit kepala, dan membantu rambut terurai sempurna di siang hari.

4. Sisir rambut sebelum tidur

Tergolong sederhana, menyisir rambut sebelum tidur bermanfaat untuk menghilangkan serpihan dan kusut pada rambut serta mencegah rambut menjadi kering secara proaktif.

Tidak membutuhkan waktu yang lama, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk rutin menyisir rambut sesaat sebelum tidur.

Adapun jenis sisir yang sebaiknya Anda gunakan adalah sisir bergigi lebar atau sisir dayung karena jenis sisir ini bisa menyikat rambut secara efektif tanpa menimbulkan banyak kerontokan.

5. Kepang rambut Anda

Jika Anda ingin bangun di pagi hari dengan rambut yang indah bergelombang alih-alih seperti simpul kusut, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mengepang rambut Anda sebelum tidur.

Apapun modelnya, entah itu kepang tunggal, kepang dua, maupun kepang kecil-kecil, rambut yang dikepang selama tidur tetap jauh lebih baik dibandingkan rambut yang dibiarkan begitu saja.

Supaya kepangan Anda tetap kencang, ikat bagian bawahnya dengan tali rambut yang kecil daripada karet gelang.

Untuk perlindungan tambahan, Anda bisa mengikat kepangan Anda menjadi simpul di atas kepala.

Moms, demikian 5 tips untuk melindungi rambut yang panjang pada saat tidur. Selalu ingat untuk tidak tidur dengan rambut yang diikat ekor kuda, ditarik terlalu kencang, atau dalam kondisi basah jika tidak ingin mengalami sakit kepala dan rambut menjadi rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News