HOME, Keluarga

5 Tips Supaya Tetap Mesra Bersama Pasangan Setelah Melahirkan

5 Tips Supaya Tetap Mesra Bersama Pasangan Setelah Melahirkan

MOMSMONEY.ID - Tetap mesra setelah melahirkan sering kali menjadi tantangan bagi sebagian pasangan. Pasalnya, hubungan pernikahan yang sebelumnya hanya diwarnai oleh dua orang, kini sudah dihadiri oleh si kecil yang membutuhkan perhatian penuh dari Anda serta pasangan.

Dapat dimengerti jika kesibukan merawat si kecil kerap membuat Anda mengabaikan kehadiran pasangan. Namun, jangan sampai hal ini terus dibiarkan dan menjadi bumerang yang dapat merenggangkan hubungan pernikahan Anda dengan pasangan ya.

Nah, supaya hubungan Anda bersama pasangan tetap mesra dan selalu dihiasi bunga-bunga cinta setelah si kecil lahir, berikut 5 tipsnya yang bisa Anda coba sebagaimana dilansir dari laman Siap Nikah.

Baca Juga: Kebijakan Pemakaian Masker Diperlonggar, Ini Ketentuannya

1. Luangkan waktu untuk bercinta

Tips pertama supaya tetap mesra bersama pasangan setelah melahirkan adalah meluangkan waktu untuk bercinta. Saat si kecil tertidur, Anda dan pasangan bisa memanfaatkan momen ini untuk saling bermesraan.

Luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk bercinta. Agar kegiatan bercinta semakin bergairah, Anda dan pasangan dapat memulainya dengan memijat satu sama lain. Setelah itu, maksimalkan waktu yang tersisa untuk saling menyenangkan secara seksual.

Pastikan untuk menetapkan jadwal rutin untuk bercinta supaya Anda maupun pasangan selalu menanti-nantikannya.

2. Berikan kejutan

Sesekali memberikan kejutan kepada pasangan sangat layak untuk dipertimbangkan supaya hubungan pernikahan tetap mesra setelah si kecil lahir.

Tidak harus mahal atau mewah, kejutan yang diberikan bisa berupa hal-hal sederhana yang penuh perhatian. Misalnya, Anda sebagai istri bisa menyiapkan dan membawakan bekal untuk suami tercinta di sela-sela kesibukan mengurus si kecil. Bagi para suami, Anda dapat mengusahakan untuk pulang kerja lebih cepat dan mengajak istri dinner romantis berdua di restoran favorit.

3. Biasakan untuk mengucapkan tolong dan terima kasih

Baik istri maupun suami memiliki tanggung jawabnya masing-masing yang tidak boleh dibanding-bandingkan. Tak jarang, kesibukan yang berbeda bisa menyebabkan komunikasi menjadi kurang lancar dan memunculkan anggapan bahwa pasangan bisa membaca pikiran satu sama lain. Jika anggapan tersebut terus dipelihara, bukan tidak mungkin jika Anda atau pasangan menjadi enggan untuk saling meminta tolong.

Faktanya, pasangan akan merespons dengan lebih baik jika pasangannya langsung meminta bantuan kepadanya alih-alih sekadar memberitahukan hal-hal yang harus dirawat atau diperbaiki, menurut penulis buku Happily Married with Kids bernama Carol Ummel Lindquist, PhD.

Jadi, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada pasangan Anda dan ucapkan terima kasih ketika ia berhasil mengerjakan apa yang Anda minta ya.

4. Sempatkan untuk merawat diri

Tips selanjutnya supaya hubungan pernikahan tetap mesra setelah melahirkan adalah berusaha tampil sebaik mungkin di hadapan pasangan. Jangan jadikan kesibukan merawat si kecil menjadi alasan bagi Anda untuk malas merawat diri.

Untuk membantu mempertahankan penampilan Anda setelah melahirkan, Anda bisa memanfaatkan jasa salon dan melakukan perawatan rutin setidaknya 2 minggu sekali.

Tak hanya berlaku bagi istri, tips ini pun patut diterapkan oleh para suami. Sebagai suami, Anda disarankan untuk tetap menjaga bentuk tubuh dengan rajin berolahraga minimal seminggu sekali.

Apabila Anda dan pasangan sama-sama memiliki kesadaran untuk merawat diri, itu akan membuat satu sama lain terlihat menarik bahkan setelah menikah selama bertahun-tahun.

5. Lakukan hobi bersama

Ternyata, memulai hobi baru berdua bersama pasangan bisa mempermudah satu sama lain untuk bertransisi menjadi orang tua baru lho.

Jika sebelumnya Anda atau pasangan sibuk dengan hobi masing-masing, cobalah untuk meninggalkan sejenak hobi pribadi tersebut. Sebagai gantinya, temukan dan lakukan hobi bersama pasangan secara intens guna memberikan banyak waktu untuk saling berkomunikasi. Misalnya, merawat kebun atau membuat kerajinan keramik bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News