HOME, Keluarga

Kebijakan Pemakaian Masker Diperlonggar, Ini Ketentuannya

Kebijakan Pemakaian Masker Diperlonggar, Ini Ketentuannya

MOMSMONEY.ID - Pemerintah telah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Hal ini lantaran penaganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang dianggap semakin terkendali.

Presiden Joko Widodo menyebut, pelonggaran tersebut dengan mengizinkan masyarakat tak menggunakan masker di area terbuka.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi, Selasa (18/5).

Meski begitu, pelonggaran pemakaian masker ini masih memiliki berbagai ketentuannya. Dimana, pemakaian masker harus tetap digunakan untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik.

Baca Juga: Jangan Gunakan 4 Bahan Ini Jika Tak Ingin Kulit Wajah Anda Rusak

Tak hanya itu, masyarakat yang masuk kategori rentan, seperti lansia atau memiliki penyakit komorbid juga disarankan untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas.

"Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerangkan, penggunaan masker bagi kelompok rentan dan yang bergejala bertujuan sebagai proteksi diri.

“Kelompok tersebut masih diwajibkan memakai masker untuk melindungi diri dari penularan. Kemudian untuk yang bergejala batuk-batuk, bersin-bersin sebaiknya tetap menggunakan masker,” tutur Budi.

Tak hanya pelonggaran penggunaan masker, pemerintah juga melonggarkan aturan perjalanan dalam negeri dan luar negeri. Dimana, bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen.

"Inilah dua keputusan penting yang merupakan langkah awal untuk transisi dari pandemi menjadi endemi,” kata Budi.

Budi juga mengatakan, pemerintah bisa merelaksasi aturan lainnya apabila kondisi penularan kasus Covid-19 semakin terkendali, pasien Covid-19 yang masuk dan dirawat di rumah sakit juga makin lama makin sedikit, dan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dirinya semakin tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News