Keluarga

5 Tips Simpan Sayur Tanpa Kulkas, Kesegaran Sayuran Tetap Terjaga!

5 Tips Simpan Sayur Tanpa Kulkas, Kesegaran Sayuran Tetap Terjaga!

MOMSMONEY.ID - Meski tanpa kulkas, sayuran bisa tetap segar dan tak mudah layu loh. Mau tahu caranya? Simak artikel ini, ya!

Biasanya sayuran akan lebih awet jika disimpan di tempat sejuk seperti kulkas. Tapi bagaimana jika Anda sedang berada di perjalanan sehingga tak memungkinkan Anda menyimpan sayur di kulkas?

Untuk tahu jawabannya, simak beberapa tips simpan sayur tanpa kulkas yang dilansir dari Fibercreme, ini dia.

Baca Juga: Tetap Terjamin Higienis, Ini 5 Cara Mencuci Sayuran Tanpa Hilangkan Nutrisinya

Jangan dicuci

Tips menjaga kesegaran sayuran tanpa kulkas dapat dilakukan dengan tidak mencuci sayur terlebih dahulu jika Anda tak ingin langsung mengolahnya.

Dengan meminimalisir kelembapan atau adanya kandungan air dalam sayur membuat sayuran tetap segar dan membusuk lebih lama meski tidak disimpan dalam kulkas.

Cucilah sayur hanya jika Anda akan mengolahnya sesegera mungkin.

Sayuran

Simpan di tempat kering

Meski tak menyimpannya di dalam kulkas, menjaga kesegaran sayuran bisa dilakukan dengan menyimpannya di tempat yang kering. Tempat kering membuat bakteri dan jamur tak tumbuh dengan pesat dan membahayakan sayuran yang akan dimakan.

Hindarilah tempat-tempat yang panas karena biasanya mengandung kelembapan yang tinggi sehingga sayur mudah layu dan membusuk.

Baca Juga: Punya Perut Buncit? Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Menyusutkan Lemak di Perut

Jangan terkena matahari

Seperti yang sudah diketahui, tempat panas membuat sayuran jadi mudah layu dan membusuk.

Beberapa jenis sayur yang mudah layu di antaranya adalah jenis sayur berdaun seperti bayam hingga kangkung. Sementara beberapa jenis sayur yang mudah membusuk hingga sebabkan racun jika tak disimpan di dalam kulkas adalah kentang dan tomat.

Meski begitu, tips menjaga kesegaran sayuran tanpa kulkas bisa dilakukan dengan menghindari sinar & panas matahari baik secara langsung ataupun tak langsung.

Tempatkan sayur di dalam ruangan atau tempat yang keberadaannya jauh dari matahari ataupun lampu yang bisa sebabkan panas pada sayur.

Baca Juga: Bercitarasa Asin dan Gurih, Ini 6 Bahan Alternatif Pengganti Garam

Sayuran

Bungkus di paper towel

Tips menjaga kesegaran sayuran tanpa kulkas bisa dilakukan dengan trik membungkus di paper towel. Paper towel atau tisu dapur mampu menyerap kelembapan sayur yang belum diolah. Ini membuat sayur tetap kering sehingga dapat awet lebih lama.

Sayangnya, tak semua jenis sayuran dapat terjaga kesegarannya dengan teknik yang satu ini. Ada beberapa jenis sayur yang membutuhkan kelembapan lebih agar sayur tetap segar seperti brokoli & kol misalnya.

Baca Juga: Sering Disebut Minuman Sehat, Ini 5 Bahaya Smoothies Bagi Tubuh

Pilah pilih sayuran

Tips menjaga kesegaran sayuran tanpa kulkas juga dapat dilakukan dengan memilah & memilih jenis sayur yang sudah layu dan yang masih segar.

Coba cabut beberapa helai daun/batang sayur yang sudah mulai membusuk agar sayur yang masih segar tak ikut membusuk.

Itulah beberapa tips menjaga kesegaran sayuran tanpa kulkas yang bisa dipraktikkan langsung oleh Moms jika sedang berada di perjalanan dan tak memungkinkan sayur untuk dimasukkan ke kulkas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News