Keluarga

Bercitarasa Asin dan Gurih, Ini 6 Bahan Alternatif Pengganti Garam

Bercitarasa Asin dan Gurih, Ini 6 Bahan Alternatif Pengganti Garam

MOMSMONEY.ID - Kenali beberapa bahan alternatif pengganti garam untuk masakan. 

Terlalu banyak garam tak baik untuk tubuh. Namun garam tetap penting sebagai penambah rasa pada makanan.  

Ada sederet bahan alternatif pengganti garam yang  mengandung sodium yang rendah, sehingga tetap aman dikonsumsi bagi tubuh.

Inilah sederet bahan makanan yang dapat menjadi alternatif pengganti garam, dilansir dari Food52 dan Delish.

Kecap asin

Kecap Asin

Salah satu bahan alternatif pengganti garam untuk masakan ialah kecap asin. Kecap asin ini dapat digunakan sebagai pengganti garam di hampir semua resep masakan bercitarasa gurih.

Selain itu, kecap asin juga merupakan sumber rasa umami yang dapat memuaskan lidah.

Baca Juga: 8 Bahan Makanan Pengganti Cabai yang Menghasilkan Sensasi Rasa Pedas

Miso

Miso merupakan salah satu bahan makanan asal Jepang yang dibuat dari fermentasi rebusan kedelai atau beras dengan garam. Miso juga merupakan salah satu bahan alternatif pengganti garam, loh.

Campuran rasa asin & umami yang sedap di lidah membuat miso dapat digunakan pada masakan seperti sup, sayuran panggang, saus pasta, hingga ikan.

Baca Juga: Kenapa Keju Swiss ala Tom n Jerry Berlubang? Penyebabnya Tak Lagi Misteri

Keju

Kenapa Keju Swiss ala Tom n Jerry Berlubang

Keju terkenal karena rasanya yang gurih, sebab keju dibuat dari lemak sapi. Ini menjadikan keju sebagai salah satu bahan makanan pengganti garam sebagai alternatif bahan masakan.

Dari sekian banyak jenis keju yang ada, pilihlah keju dengan kandungan garam yang lebih tinggi untuk membuat rasa masakan semakin gurih. Keju dengan kandungan garam yang tinggi di antaranya seperti keju feta, pecorino, dan parmesan. Hindari keju mozzarella karena kandungan garamnya yang rendah.

Keju yang bercitarasa gurih dapat ditambahkan untuk segala macam masakan di beberapa resep seperti masakan ayam, roti, hingga spaghetti.

Baca Juga: Coba 7 Cara Efektif Ini Untuk Memperbaiki Rasa Masakan yang Terlalu Asin

Ikan teri

Ikan teri dikenal memiliki rasa asin yang sangat kuat. Itulah sebabnya ikan teri dapat menjadi bahan alternatif pengganti garam di beberapa jenis masakan seperti sup.

Meski begitu, jangan terlalu banyak memasukkan ikan teri ke dalam masakan apabila Anda tak ingin masakan berubah menjadi terlalu asin.

Baca Juga: Garlic Salt dan Garlic Powder, Ini Sederet Perbedaan Fungsi dalam Masakan

Jamur

Aneka jamur

Punya jamur di rumah? Jangan salah, jamur juga bisa dijadikan sebagai pengganti garam atau kaldu yang lezat loh. Hal ini karena jamur merupakan bahan makanan sumber rasa umami.

Jamur harus direbus untuk bisa menghasilkan rasa gurih. Kaldunya dapat dimanfaatkan sebagai sup atau aneka makanan berkuah lainnya.

Baca Juga: Tips Jitu Masak Daging Bebek Supaya Daging Empuk Anti Bau Amis

Rumput laut kering

rumput laut kering

Rumput laut kering instan yang dapat dibeli di minimart terdekat juga bisa dijadikan salah satu opsi bahan alternatif pengganti garam. Sebab rumput laut kering memiliki rasa gurih yang pas dan cocok jika ditambahkan ke dalam masakan seperti sup atau bahkan nasi.

Caranya, remas-remas rumput laut kering hingga berbentuk remahan. Atau bisa juga disantap dalam bentuk utuh jika dimakan bersama nasi.

Itulah sederet bahan alternatif pengganti garam yang bisa Anda gunakan untuk memasak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News