HOME, Keluarga

5 Tips Sederhana untuk Membuat Kulit Wajah Cerah dan Segar Saat Bangun Tidur

5 Tips Sederhana untuk Membuat Kulit Wajah Cerah dan Segar Saat Bangun Tidur

MOMSMONEY.ID - Tampilan wajah yang cerah dan segar merupakan dambaan bagi banyak orang. Meski bisa didapatkan melalui berbagai cara, namun kunci utama dari kulit wajah yang cerah terletak pada kualitas tidur. Ketika Anda tidur, peredaran darah di dalam tubuh akan cenderung meningkat sehingga memungkinkan kulit untuk bisa memperbaiki diri dari dalam.

Walaupun demikian, tetap ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan wajah terlihat kusam dan berminyak ketika bangun tidur. Adapun beberapa faktor tersebut meliputi kondisi hormon, kondisi kulit yang terlalu kering, dan kebiasaan membersihkan wajah secara berlebihan.

Untuk mencegah wajah tampak kusam saat bangun tidur, cobalah 5 tips yang dilansir dari Klinik Estetika ini dan dapatkan wajah yang cerah dan segar alami usai tidur semalaman.

Baca Juga: Dari Brand Lokal! 4 Rekomendasi Serum Vitamin C untuk Mencerahkan Kulit

1. Bersihkan wajah sebelum tidur

Sederhana namun penting, membersihkan wajah sebelum tidur tidak boleh Anda lewatkan. Jika diabaikan, sisa makeup dan kotoran yang menempel pada wajah setelah seharian beraktivitas akan membuat pori-pori semakin besar dan kulit rentan terhadap jerawat.

Sebaliknya, rutin membersihkan wajah sebelum tidur akan membuat kulit lebih lembab, tidak mudah iritasi, dan tidak mudah berjerawat. Supaya kulit wajah Anda terlihat cerah saat bangun tidur, pastikan Anda melakukan tahapan double cleansing dengan membersihkan wajah menggunakan susu pembersih atau micellar water terlebih dahulu sebelum mencucinya menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Oleskan pelembab

Setelah wajah bersih, jangan lantas tidur begitu saja ya Moms. Pasalnya, kulit masih membutuhkan perawatan ekstra untuk mencegahnya dari dehidrasi dan kekusaman.

Adapun perawatan ekstra yang harus Anda lakukan usai membersihkan wajah guna menciptakan wajah yang cerah saat bangun tidur yaitu mengoleskan pelembab. Jangan asal pelembab, pastikan produk yang Anda gunakan memiliki formula yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Disarankan juga bagi Anda untuk minum 1 gelas air mineral sebelum tidur guna melembabkan kulit dari dalam sekaligus membantu menetralkan garam pada tubuh yang sering kali menjadi penyebab kulit kusam.

3. Tidur dengan posisi telentang

Apabila Anda memiliki kebiasaan tidur dengan posisi menyamping ke kanan atau kiri, yuk coba biasakan untuk mengganti posisi menjadi telentang mulai dari sekarang. Dengan terbiasa tidur telentang, itu akan membuat wajah Anda terlihat cerah ketika bangun tidur.

Sementara itu, tidur dengan posisi menyamping bisa menyebabkan wajah menjadi kusam dan rentan terhadap garis-garis halus akibat sarung bantal atau sprei yang kotor.

4. Gunakan bantal yang tinggi

Menggunakan bantal yang tinggi adalah salah satu cara untuk membuat wajah terlihat cerah ketika bangun tidur. Saat Anda tidur dengan bantal yang tinggi, itu sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sekaligus mengurangi tampilan bengkak pada wajah.

Jadi, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk tidur dengan bantal yang tinggi atau ditumpuk jika menginginkan kulit wajah yang cerah dan segar saat bangun tidur.

5. Tidur dengan waktu yang cukup

Sering diabaikan, ternyata tidur dengan waktu yang cukup sangatlah membantu untuk mencerahkan kulit wajah Anda lho Moms. Bahkan, tidur yang cukup juga bisa mencegah penuaan dini dan meningkatkan vitalitas kulit sehingga kulit pun akan tampak lebih cerah saat Anda bangun tidur.

Melihat manfaatnya yang luar biasa bagi kulit, maka Anda harus membiasakan untuk tidur selama 7-9 jam per hari dan lihatlah keajaibannya pada keesokan pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News