Keluarga

5 Tips Mengatasi Kucing yang Tak Mau Makan, Jangan Khawatir!

5 Tips Mengatasi Kucing yang Tak Mau Makan, Jangan Khawatir!

MOMSMONEY.ID - Salah satu kekhawatiran yang kerap menghinggapi pemilik kucing adalah ketika si kucing peliharaan tiba-tiba tidak mau makan.

Kucing yang tidak mau makan kadang merupakan pertanda jika si kucing tidak menyukai makanan yang diberikan. Namun, umumnya hal tersebut menandakan si kucing sedang sakit dan butuh penanganan tertentu.

Nah, sebelum membawa si kucing ke dokter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi nafsu makan si kucing yang menurun. Merangkum penjelasan dari The Spruce Pets, Preventive Vet, Pets WebMD, dan Vets Now, berikut caranya.

Baca Juga: 5 Ras Kucing Berekor Pendek, Tetap Lucu dan Bikin Gemas

Ganti merek makanan

Mirip seperti manusia, kucing juga bisa pemilih jika menyangkut soal makanan. Misalnya, ada kucing yang bisa makan makanan dari berbagai merek, ada pula kucing yang menyukai merek tertentu, bahkan rasa khusus.

Jadi, jika kucing Anda tidak mau makan, cobalah pelan-pelan mengganti merek makanan untuk melihat apakah si kucing akan terpancing untuk memakan makanan yang baru. Campur sebagian kecil merek makanan baru dengan merek makanan lama supaya si kucing tidak “kaget”.

Berikan makanan basah

Makanan basah bisa menjadi alternatif pakan kucing yang tidak mau makan. Pasalnya, beberapa jenis makanan basah memiliki bau menyengat yang bisa memancing nafsu makan si kucing.

Anda bisa memilih makanan basah dengan rasa ikan seperti tuna atau sarden, karena baunya cenderung lebih menyengat. Jika memungkinkan, tambahkan minyak ikan untuk membantu menambah bau dan rasa. Jangan lupa untuk rutin mengganti makanannya supaya tidak cepat kering atau basi.

Hangatkan makanan

Selain memberikan makanan basah, Anda juga bisa mencoba menghangatkan makanan tersebut selama beberapa detik di dalam microwave. Hal ini bisa membantu memancing si kucing untuk makan.

Supaya mereka bisa makan dengan nyaman, pastikan makanan tersebut tidak terlalu panas. Suhu makanan yang disarankan kira-kira setara dengan suhu tubuh mereka, yaitu sekitar 37°C hingga 38°C.

Baca Juga: Ingin Memelihara Kucing Berbulu Panjang? Berikut Beberapa Jenisnya

Suapi si kucing

Anda bisa mencoba menyuapi si kucing untuk membantu mereka makan perlahan-lahan. Suapi dalam jumlah sedikit supaya mereka tidak tersedak.

Sambil menyuapi kucing, coba periksa hidung si kucing untuk memastikan hidung mereka tidak tersumbat, sebab hidung tersumbat kadang mengganggu nafsu makan.

Pindah atau ganti mangkuk makanan

Kadang-kadang, kucing peliharaan di rumah bisa mengalami sesuatu yang membuat mereka tidak menyukai area makan atau mangkuk makanan yang digunakan.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba memindahkan mangkuk makanan di tempat lain. Atau, ganti mangkuk makanan dengan jenis mangkuk yang lebih datar dan tidak terlalu dalam, supaya mereka bisa makan dengan lebih nyaman.

Nah, itulah beberapa cara untuk membantu mengatasi kucing yang tidak mau makan. Jika cara-cara di atas belum berhasil, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menentukan penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News