HOME, Keluarga

5 Tips Makeup untuk Membuat Kulit Wajah Terlihat Mulus

5 Tips Makeup untuk Membuat Kulit Wajah Terlihat Mulus

MOMSMONEY.ID - Memiliki pori-pori besar dan tekstur kulit yang kasar berisiko membuat wajah terlihat cakey ketika dipakaikan produk makeup.

Kendati demikian, moms tetap dapat menghasilkan penampilan makeup yang flawless dan mulus meskipun memiliki permasalahan pori-pori atau tekstur.

Ternyata mudah, inilah 5 tips makeup yang bisa moms praktikkan untuk membuat kulit wajah terlihat paripurna. Yuk, simak tahap demi tahapnya di bawah ini.

Baca Juga: Ini Dia 5 Kandungan Skincare yang Sebaiknya Digunakan oleh Pemilik Kulit Berjerawat

1. Gunakan primer

Jika selama ini primer belum masuk ke dalam list makeup, maka moms bisa memasukkannya mulai dari sekarang. Primer akan membantu menyembunyikan tampilan pori-pori yang besar serta mampu menghaluskan tekstur kulit, sehingga foundation yang Moms pakai dapat menempel dengan baik dan mulus. Selain itu, penggunaan primer juga akan membuat makeup tahan lama.

Moms bisa memilih primer yang memiliki blur effect dan baurkan secara merata ke seluruh wajah atau hanya pada area yang memiliki pori-pori besar. Untuk hasil yang sempurna, Moms bisa menggunakan spons basah ketika mengaplikasikannya.

2. Pilih foundation matte

Untuk menciptakan tampilan makeup yang flawless, foundation dengan finish matte sangat disarankan untuk moms pilih. Sebaliknya, foundation dengan hasil akhir dewy hanya akan memperbesar pori-pori.

Pilihlah satu foundation matte yang paling cocok dengan skintone maupun undertone Moms kemudian ratakan ke seluruh wajah menggunakan spons basah. Jika Moms menginginkan foundation dengan tekstur ringan dan hasil yang tampak alami, bisa memilih produk foundation berbentuk mousse atau serum.

3. Aplikasikan concealer

Seberes menggunakan foundation, tahap selanjutnya yang bisa moms lakukan adalah mengaplikasikan concealer. Penggunaan concealer berguna untuk menyembunyikan imperfection wajah seperti noda hitam dan bekas jerawat yang belum tertutup maksimal oleh foundation.

Sama halnya dengan foundation, concealer pun memiliki tingkat coverage mulai dari light hingga full. Untuk tampilan wajah yang mulus, Moms bisa menggunakan concealer berbentuk cair dengan coverage medium to full dan finish matte yang smooth.

4. Baurkan loose powder

Loose powder atau bedak tabur berperan penting untuk memastikan makeup tetap bertahan sebagaimana mestinya alias tidak bergeser.

moms bisa menggunakan loose powder apapun (disarankan setting powder atau finishing powder) untuk mengunci makeup Moms. Selalu ingat untuk memilih loose powder yang memiliki partikel halus, translucent, dan memiliki blur effect supaya wajah terlihat semakin mulus tanpa mengubah warna asli dari produk makeup yang ada di bawahnya.

5. Tambahkan blush on matte

Tips terakhir yang bisa Moms praktikkan untuk menciptakan penampilan wajah yang halus dan bebas tekstur ialah dengan menggunakan blush on matte. Mengapa tidak blush on cream atau blush on yang mengandung shimmer saja supaya wajah terlihat glowing? Alasannya simple, karena blush on yang berkilau dapat memantulkan cahaya dan hanya akan membuat tekstur kulit terlihat semakin menonjol.

Oleh sebab itu, blush on matte lebih pas untuk melengkapi makeup yang flawless dibandingkan blush on yang bersifat illuminating. Untuk mengaplikasikannya, Moms bisa menggunakan brush berbulu halus dan fokuskan blush on pada bagian apple cheeks atau tulang pipi.

Bagaimana Moms? Tidak sulit bukan kelima tips di atas?

Nah, agar setiap makeup yang Moms hasilkan selalu bagus, jangan lupa untuk rajin double cleansing usai menggunakan makeup dan rutin skincare-an ya Moms. Karena, salah satu kunci makeup yang sempurna adalah kulit yang sehat.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Skincare Lokal Mengandung Salicylic Acid untuk Menghilangkan Jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News