Keluarga

5 Tips Makeup untuk Kulit Kombinasi Agar Maksimal dan Tidak Jerawatan

5 Tips Makeup untuk Kulit Kombinasi Agar Maksimal dan Tidak Jerawatan

MOMSMONEY.ID - Punya kulit kombinasi? Ikuti 5 makeup untuk kulit kombinasi ini agar hasilnya maksimal dan kulit tidak jerawatan.

Menerapkan makeup pada kulit bertipe kombinasi bisa menjadi tugas yang rumit. Pasalnya, kulit kombinasi cenderung terasa kering dan bersisik di satu area wajah, sementara di area wajah lainnya lebih berminyak dan licin.

Hal itulah yang kerap membuat para pemilik kulit kombinasi merasa kebingungan saat berusaha mengaplikasikan makeup.

Tapi, jangan khawatir! Karena, kali ini MomsMoney akan membagikan 5 tips makeup untuk kulit kombinasi. Simak baik-baik, ya!

Baca Juga: 7 Cara Mudah Bikin Kulit Glowing dari Dalam, Nomor 4 Sering Diabaikan!

1. Pakai moisturizer

Moisturizer

Tips makeup untuk kulit kombinasi yang pertama yaitu memakai moisturizer. Melembabkan kulit merupakan langkah dasar dalam semua rutinitas perawatan kulit, tidak terkecuali untuk kulit kombinasi.

Langkah ini juga tidak boleh dilewatkan oleh para pemilik kulit kombinasi sebelum mengaplikasikan makeup. Adapun melembabkan kulit sebelum makeup berguna untuk menciptakan dasar yang halus sekaligus mencegah cakey dan creasing akibat penggunaan foundation atau concealer.

Untuk melembabkan kulit kombinasi, Anda bisa menggunakan moisturizer yang memiliki formula lightweight atau ringan. Pertimbangkan juga untuk memilih moisturizer yang diperkaya dengan vitamin E dan hyaluronic acid guna menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa meninggalkan kesan berminyak.

2. Aplikasikan primer

Primer wajah

Tips makeup untuk kulit kombinasi yang kedua yaitu mengaplikasikan primer. Menerapkan makeup pada kulit kombinasi bisa menjadi hal yang sulit. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi para pemilik kulit kombinasi untuk tidak melewatkan penggunaan primer sebelum mengaplikasikan produk makeup lainnya.

Primer akan memastikan base makeup Anda rata serta mencegah hasil foundation maupun concealer terlihat tambal sulam atau patchy.

Untuk membantu mengaburkan tampilan pori-pori besar, Anda dapat menggunakan primer yang memiliki efek blur. Agar makeup Anda bertahan sepanjang hari, primer dengan finish matte merupakan pilihan yang ideal.

3. Sesuaikan riasan dengan musim

Foundation

Tips makeup untuk kulit kombinasi yang ketiga yaitu menyesuaikan riasan dengan musim. Kulit kombinasi bisa berubah seiring musim. Jadi, saat musim berganti, Anda perlu menyesuaikan riasan Anda.

Umumnya, kulit cenderung lebih kering selama musim dingin. Sebaiknya, lewatkan penggunaan produk makeup berbentuk powder saat musim dingin berlangsung. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan produk makeup berbentuk cair atau krim.

Di sisi lain, kulit cenderung lebih berminyak saat musim panas sehingga rentan berjerawat. Alih-alih memakai foundation dengan coverage tinggi, cobalah untuk menggunakan CC cream dan bedak yang ringan agar kulit Anda tetap bisa bernapas dan tidak mudah jerawatan.

Baca Juga: Ini 4 Tanda Kulit Perlu Eksfoliasi Secara Teratur, Kulit Tampak Kusam

4. Hindari produk makeup berbasis alkohol

Setting spray

Tips makeup untuk kulit kombinasi yang keempat yaitu menghindari produk makeup berbasis alkohol.

Pilihlah produk makeup yang tidak mengandung alkohol jika kulit kombinasi Anda lebih berminyak daripada kering. Sebaliknya, hindarilah produk makeup berbahan dasar alkohol karena dapat memperburuk kulit terutama yang sedang meradang.

Anda bisa mengganti produk makeup berbasis alkohol dengan produk makeup yang mengandung bahan-bahan natural dan memiliki sifat astringent. Dengan begini, kulit kombinasi Anda akan tetap tenang dan tidak berjerawat.

5. Bersihkan brush makeup secara teratur

Blush on

Tips makeup untuk kulit kombinasi yang kelima yaitu membersihkan brush makeup secara teratur.

Brush makeup mudah dihinggapi debu, kotoran, minyak, dan bahkan bakteri di bagian bulunya. Apabila dibiarkan, itu bisa sangat buruk bagi kulit.

Brush makeup yang kotor dapat menyebabkan jerawat, iritasi, dan ruam. Jadi, cucilah brush makeup Anda secara teratur guna menghindari masalah kulit yang tidak diinginkan.

Demikian 5 tips makeup untuk kulit kombinasi agar maksimal dan tidak jerawatan. Jangan lupa diterapkan ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News