HOME, Santai

5 Tanda-Tanda Kulit Anda Sedang Stress

5 Tanda-Tanda Kulit Anda Sedang Stress

MOMSMONEY.ID - Tak hanya tubuh dan pikiran, ternyata kulit juga bisa mengalami stress. Tanda-tanda kulit yang stress sebenarnya bisa dilihat dengan mata telanjang.

Penyebab kulit stress juga beragam, salah satunya adalah paparan sinar UV. Sinar Uv bukan hanya datang dari matahari saja, dari gadget atau peralatan elektronik pun juga bisa menjadi penyebabnya.

Selain itu polusi dan penuaan juga menjadi salah satu penyebab munculnya stress pada kulit. Berikut ini adalah tanda yang menandakan kulit Anda sedang stress.

Baca Juga: Kulit Anak Terbakar Matahari? Atasi dengan Beberapa Cara Rumahan Ini

Kusam

Kulit kusam adalah sebuah tanda kulit Anda mengalami stress. Kulit yang stress akan rentan menjadi kusam dan terlihat tak segar. Stress pada kulit juga bisa mengakibatkan kuit kehilangan volumenya sehingga membuat penampilan kulit terlihat kusam dan tidak glowing.

Kulit kering

Stress yang terjadi pada kulit akan meningkatkan hormone kortisol yang membuat kemampuan kulit untuk mempertahankan air berkurang. 

Kondisi kulit yang kering ini bahkan bisa menjadi lebih parah jika tidak dibantu dengan memberikan pelembab. Agar kulit tetap mampu mempertahankan kemampuannya untuk menghasilkan air yang membantu melembabkan kulit. 

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab Flek Hitam di Wajah, Menggangu Penampilan

Kemerahan

Stress pada kulit akan memicu respon “flight or fight” pada tubuh yang membuatnya melepaskan hormone pada aliran darah. 

Hal tersebut inilah yang membuat kapilaris membesar dan menyebabkan peningkatan aliran darah menuju wajah. Yang menjadi penyebab utama munculnya kemerahan pada kulit wajah. 

Breakout

Breakout atau munculnya beberapa jerawat pada bagian wajah yang belum pernah muncul jerawat bisa menjadi salah satu pertanda kulit Anda sedang stress. 

Dalam kondisi stress sel akan memproduksi sebum, yaitu minyak yang tercampur dengan kulit mati dan bakteri. Sebum akan menghambat pori-pori yang memicu timbulnya jerawat. 

Mata lelah

Munculnya kantong mata atau mata panda pada wajah bisa menjadi tanda kulit yang stress. Hal tersebut dikarenakan kulit kurang mendapatkan istirahat yang cukup. Sehingga membuat area mata terlihat lelah. 

Area mata adalah area yang sensitif sehingga stress akan lebih muda terdeteksi dengan melihat kesehatan di area mata. Maka dari itu, istirahat yang kurang bisa memicu munculnya stress pada kulit.

Selanjutnya: Coba Lakukan Tips Berikut Ini Agar Bisa Menjadi Morning Person

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News