HOME, Bugar

5 Tanda Awal Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui

5 Tanda Awal Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui

MOMSMONEY.ID - Gagal ginjal terjadi ketika ginjal tidak mampu menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Jika tidak segera dideteksi dan ditangani, kondisi ini memicu komplikasi yang serius.

Itulah mengapa mengenali tanda awal dari gagal ginjal penting untuk dilakukan. Umumnya, gejala gagal ginjal sulit terdeteksi. Pasalnya, penyakit ginjal yang satu ini dimulai dari tanda yang cukup ringan dan samar.

Seiring berjalannya waktu, kerusakan ginjal akan semakin parah terutama ketika tidak ditangani dengan tepat. 

Jika ginjal tidak mampu beradaptasi dengan kerusakan, Anda mungkin mengalami beberapa hal seperti yang dilansir National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease berikut ini.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Penderita Batu Ginjal

1. Kelelahan

Salah satu gejala gagal ginjal yang mungkin sering diabaikan oleh orang-orang adalah rasa lelah. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan ginjal yang menyebabkan penumpukan cairan dan limbah dalam darah.

Akibatnya, banyak pasien gagal ginjal yang merasa lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi.

2. Mudah lelah

Penurunan fungsi ginjal secara perlahan menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini membuat tubuh menjadi mudah lelah, lemah, dan mengalami kesulitan berkonsentrasi.

Pada beberapa kasus, kondisi ini menyebabkan anemia dan membuat tubuh selalu terasa lemah dan lunglai.

3. Kencing berdarah

Pernahkah Anda mengalami kencing berdarah atau yang dikenal dalam istilah medis sebagai hematuria? Jika iya, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter karena ada kemungkinan kondisi ini termasuk gejala gagal ginjal.

Darah keluar bersamaan dengan air kencing ini menandakan saringan di ginjal tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan darah bocor ke urine.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah 5 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Zuriat

4. Kencing berbusa

Jika Anda sering mendapati gelembung atau buih saat buang air kecil, artinya urine mengandung protein. Kondisi yang disebut proteinuria ini memang sering menjadi gejala gagal ginjal yang perlu diwaspadai.

5. Pembengkakan pada pergelangan kaki

Penurunan fungsi ginjal menyebabkan terjadinya retensi natrium dan menimbulkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Kaki, lengan, tangan, dan wajah, merupakan beberapa bagian tubuh yang paling rentan mengalami pembengkakan ketika terjadi masalah pada ginjal.

Masih melansir dari National Kidney Foundation, pembengkakan pada bagian pergelangan kaki dapat menjadi tanda adanya penyakit jantung, penyakit hati dan masalah vena kaki kronis.

Jika kamu mengalami beberapa gejala di atas dalam waktu yang cukup panjang, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat agar keluhan yang dapat diatasi dengan baik. 

Selanjutnya: Penyebab Hipertensi yang Harus Anda Waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News