HOME, Keluarga

5 Tahapan Menghapus Makeup yang Benar untuk Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

5 Tahapan Menghapus Makeup yang Benar untuk Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

MOMSMONEY.ID - Untuk menghasilkan makeup yang sempurna, ada berbagai teknik makeup yang perlu dikuasai. Akhirnya, banyak orang yang hanya berfokus pada proses pembuatan makeup dan sering kali mengabaikan proses pembersihannya.

Padahal, membersihkan makeup juga tidak bisa disebut sebagai perkara yang sederhana. Bahkan, tak jarang orang-orang langsung menuju ke tempat tidur alih-alih segera menghapus makeup yang masih menempel pada wajahnya. Faktanya, malas membersihkan makeup atau pembersihan makeup yang dilakukan secara asal-asalan dapat menyebabkan jerawat dan penuaan dini lho.

Maka dari itu, kumpulkanlah niat Anda untuk rajin membersihkan makeup dan mengikuti tahapan menghapus makeup di bawah ini supaya kulit terbebas dari jerawat dan selalu terlihat awet muda.

Baca Juga: Mau Kencan Pertama? Hindari 5 Kesalahan Makeup Ini Jika Tak Mau Pasangan Ilfeel

1. Persiapan

Sama halnya dengan makeup yang membutuhkan skin preparation, menghapus makeup juga harus diawali dengan persiapan. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan semua produk pembersih yang dibutuhkan dan tentunya sesuai dengan jenis kulit. Jika kulit Anda berminyak maka pilihlah cleanser bebas minyak, sedangkan jika kulit Anda kering maka pilihlah produk yang memiliki formula melembabkan.

Sebelum membersihkan wajah, pastikan Anda mengikat rambut ke belakang atau menggunakan bando untuk memudahkan pembersihan tanpa gangguan.

2. Awali dengan membersihkan mata

Makeup mata seperti eyeliner dan maskara biasanya memiliki formula waterproof yang sukar untuk dihapus. Untuk itu, pilihlah eye makeup remover berbasis minyak untuk memudahkan pembersihan.

Basahi kapas Anda secara menyeluruh dengan produk eye makeup remover andalan Anda. Kemudian, pejamkan mata Anda dan tekan-tekan kapas yang sudah dibasahi tersebut ke kelopak mata Anda. Tunggu selama 10-20 detik lalu sapukan kapas secara lembut ke seluruh area mata dengan gerakan satu arah tanpa menggosok-gosoknya mengingat kulit mata sangatlah tipis dan rentan berkerut.

3. Lanjutkan dengan menghapus lipstick

Usai membersihkan mata, bibir menjadi bagian wajah kedua yang harus dibersihkan sebelum beralih ke pembersihan wajah secara keseluruhan. Hal ini dilakukan untuk mencegah sisa lipstick menyebar ke seluruh wajah.

Untuk pembersihan maksimal, Anda dapat menggunakan cleanser khusus bibir atau bisa juga memanfaatkan petroleum jelly. Oleskan produk pembersih pada bibir dan diamkan hingga 5 menit. Setelah 5 menit, bersihkan bibir dengan kapas bersih. Selalu ingat untuk tidak menggosoknya terlalu keras agar tidak merusak bibir.

4. Beralih ke pembersihan wajah

Sebelum mencuci wajah dengan sabun dan air, Anda dapat memulainya dengan micellar water sebagai tahap pertama double cleansing. Basahi kapas Anda dengan micellar water secukupnya dan usap-usapkan ke seluruh wajah Anda hingga sebagian besar sisa makeup terangkat. Jangan lupa juga untuk menjangkau garis-garis rambut, area bawah rahang, dan belakang telinga.

Selesai menggunakan micellar water, Anda bisa menggunakan makeup remover untuk pembersihan wajah yang lebih maksimal. Oleskan makeup remover pada seluruh bagian wajah dan leher Anda kemudian ratakan dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bilas wajah dengan air dan face wash yang lembut kemudian keringkan dengan cara ditekan-tekan (bukan digosok-gosok) menggunakan handuk bersih atau paper towel guna mencegah penyebaran bakteri.

5. Pasca-pembersihan

Bukan hanya pembersihan wajah yang penting, namun perawatan kulit setelah pembersihan juga tidak boleh dilewatkan. Setelah wajah bebas makeup, Anda bisa memijat-mijat wajah dengan gerakan lembut untuk memberikan elastisitas dan meningkatkan aliran darah.

Selain itu, mengoleskan pelembab juga wajib Anda lakukan untuk mengembalikan kelembaban kulit yang hilang setelah melewati tahapan pembersihan.

Nah, itulah 5 tahapan menghapus makeup yang disarankan jika Anda menginginkan kulit yang senantiasa awet muda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktikkan ya!

Selanjutnya: Berdasarkan Zodiak, Inilah Warna Lipstick yang Cocok untuk Karakter Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News