Santai

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Khas Solo yang Wajib Anda Jajal

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Khas Solo yang Wajib Anda Jajal

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa rekomendasi kuliner legendaris khas Solo yang wajib dicoba jika berkunjung ke sana.

Surakarta atau lebih dikenal dengan Solo termasuk salah satu kota tujuan wisata yang populer di Jawa. 

Solo memang menjanjikan tak hanya wisata sejarah dan budaya, tapi juga sekian tempat hiburan modern yang bisa dikunjungi beserta beragam kuliner legendaris yang enak untuk dicoba. 

Ragam makanan khas Solo memang luar biasa banyak dan semuanya favorit serta wajib dicicipi jika sedang berkunjung ke kota ini.  

Saat traveling ke Solo, tidak perlu bingung mau makan apa atau di mana, karena banyak sekali kuliner legendaris yang bisa dicoba.  

Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa rekomendasi kuliner legendaris khas Solo yang wajib dicoba jika berkunjung ke sana, antara lain: 

Baca Juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Anda Datangi

1. Serabi Notosuman

srabi notosuman

Rekomendasi kuliner legendaris khas Solo yang wajib dicoba pertama adalah Serabi Notosuman.  

Terkenal sejak 1923, Serabi Notosuman Solo adalah kuliner legendrais yang digandrungi oleh kalangan para pelancong. 

Serabi yang lembut dengan bagian pinggiran yang renyah ini memang salah satu pilihan oleh-oleh utama dari Solo. 

Terbuat dari campuran tepung beras dan santan, adonan srabi dimasak dalam cetakan di atas tungku-tungku kecil. 

Serabi Notosuman punya dua varian rasa, polos dan coklat. Satu porsi serabi polos berisi 10 buah dibanderol 20 ribu, sedangkan yang rasa coklat 25 ribu. 

Nah, buat Anda yang bingung memilih camilan atau buah tangan ketika di Solo, bisa berkunjung ke gerai Serabi Notosuman yang ada di Jalan Mohammad Yamin No 28 ini. 

2. Soto Gading Dekat Alun-Alun Selatan Keraton Solo

soto gading

Rekomendasi kuliner legendaris khas Solo yang wajib dicoba kedua adalah soto gading dekat Alun-Alun Selatan Keraton Solo.  

Soto ayam layak jadi pilihan sarapan pagimu saat berada di Solo dan soto gading inia dalah soto yang wajib di coba di Solo. 

Dari sekian warung soto yang tersohor, Soto Gading di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75 Pasar Kliwon atau tepatnya di sekitar alun-alun selatan Keraton Solo, bisa jadi pilihan tepat. 

Nasi dengan mie soon dan suwiran daging ayam yang disiram kuah bening kaya aroma rempah ini dijamin akan membuat pagi harimu lebih bersemangat. 

Telur puyuh, sosis, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, sate uritan, bakwan; berbagai lauk-pauk yang tersaji di meja menjadikan momen sarapan sotomu jadi lebih meriah. 

Warung Soto Gading sudah ramai pembeli sejak buka jam 6 pagi. Warung ini juga jadi langganan pejabat.  

Beberapa yang pernah mampir antara lain: Joko Widodo, Megawati, Agum Gumelar, dan Mari Elka Pangestu.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan Bernuansa Alam di Bogor, Cocok untuk Liburan

3. Sambal Tumpang di Warung Pecel Bu Kis

pecel bu Kis

Rekomendasi kuliner legendaris khas Solo yang wajib dicoba ketiga adalah sambal tumpang di Warung Pecel Bu Kis.  

Sekilas Warung Pecel Bu Kis nampak seperti warung-warung pecel lainnya. Namun, warung pecel ini punya satu menu andalan: sambel tumpang. 

Punya cita rasa gurih, manis, dan sedikit pedas, sambal tumpang nikmat disantap dengan nasi hangat atau bubur beras yang ditambah bayam segar dan tauge. 

Paduan irisan tahu putih, tahu goreng, krecek, rempah-rempah, dan "tempe busuk" sebagai bumbu memang luar biasa sedap. 

Warung Pecel Bu Kis buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 2 siang. Letaknya tepat di belakang Pengadilan Negeri Solo dan dekat dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah. 

4. Cabuk Rambak Sekitaran Stadion Manahan Solo

Cabuk rambak - Kuliner khas Sholo

Rekomendasi kuliner legendaris khas Solo yang wajib dicoba keempat adalah cabuk rambak. Cabuk rambak jadi kudapan populer bagi warga Solo. 

Selain jadi pilihan menu sarapan, kuliner khas Solo yang satu ini termasuk jenis camilan yang enak disantap saat siang maupun malam hari. 

Disajikan dengan pincuk (wadah yang terbuat dari daun pisang), cabuk rambak terdiri dari ketupat yang diiris tipis-tipis, sambal wijen, dan karak. 

Setiap pagi, ibu-ibu penjaja cabuk rambak bisa ditemui di sekitaran Stadion Manahan Solo. 

Cukup tergoda untuk buru-buru berwisata kuliner di Solo, kan? Segera luangkan waktu untuk sejenak “kabur” dari rutinitas dan siap-siap memanjakan lidahmu di Solo. 

Baca Juga: Wisata Edukasi Untuk Anak, Ini 5 Rekomendasi Museum di Solo yang Wajib Dikunjungi

5. Pecel Ndeso di Warung Pecel Solo​

Pecel Ndeso

Rekomendasi kuliner legendaris khas Solo yang wajib dicoba terkahir adalah pecel ndeso di warung pecel Solo.  

Warung Pecel Solo, atau dikenal juga dengan nama Warung Ndeso Resto, tak hanya menyajikan kuliner tradisional, tapi juga memanjakan pengunjung dengan nuansa etnik khas Solo. 

Lokasinya berada di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo, Warung Pecel Solo buka dua kali setiap harinya: pukul 08.00 – 16.00, dan 18.00 – 22.00. 

Menu spesialnya adalah pecel ndeso (desa), nasi merah dengan daun bayam, daun kenikir, daun pepaya, kembang turi, dan jantung pisang dicampur sambel pecel yang terasa manis-pedas. 

Warung Pecel Solo juga menyediakan beberapa jenis minuman tradisional seperti Temu Lawak, Beras Kencur, Jahe Pandan, dan Kunir Asem Sirih, yang dapat disajikan dingin maupun hangat. 

Itulah beberapa rekomendasi kuliner legendaris khas Solo yang wajib dicoba jika Anda sedang berkunjung ke kota Solo ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News