HOME, Bugar

5 Rekomendasi Jus Sayuran yang Menyehatkan untuk Berbuka Puasa

 5 Rekomendasi Jus Sayuran yang Menyehatkan untuk Berbuka Puasa

MOMSMONEY.ID - Minuman manis menjadi menu favorit untuk berbuka puasa. Namun, daripada harus mengonsumsi minuman tinggi gula, sebaiknya Anda  ganti saja dengan jus sayuran.

Jus sayuran menawarkan banyak manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh dan juga menyehatkan jika dikonsumsi saat berbuka puasa. 

Kandungan serat, mineral, dan vitamin yang tinggi dalam sayuran bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Anda  dapat mengombinasikan bahan sayuran dan buah untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Imbangi pula dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya.

Tak hanya itu, konsumsi jus sayuran juga bisa jadi cara tetap menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jadi, Anda tidak akan merasa cepat haus dan lapar ketika puasa. 

Baca Juga: Cara Mencegah Asam Lambung Kambuh Saat Tidur

Dilansir dari Mayo Clinic, inileh beberapa rekomendasi jus sayuran yang menyehatkan untuk berbuka puasa, antara lain: 

1. Seledri

Rekomendasi jus sayuran yang menyehatkan untuk berbuka puasa pertama adalah jus seledri. Seledri juga banyak dipilih sebagai menu jus sayuran untuk buka puasa.

Tak hanya tinggi kandungan air, seledri juga mengandung vitamin C, K, dan A serta kandungan antioksidan, seperti asam ferulic, asam caffeic, dan kaempferol. 

2. Wortel

Rekomendasi jus sayuran yang menyehatkan untuk berbuka puasa kedua adalah wortel. Wortel memiliki rasa yang manis sehingga pas dijadikan menu jus sayuran untuk buka puasa.

Sumber makanan ini juga tinggi kandungan karotenoid, sejenis antioksidan yang membantu tubuh memerangi peradangan, kerusakan pada sel, dan radikal bebas.

3. Tomat

Rekomendasi jus sayuran yang menyehatkan untuk berbuka puasa ketiga adalah tomat. Tomat juga terbukti ampuh mengatasi beberapa masalah pada sistem pencernaan.

Rutin mengonsumsi segelas jus tomat setiap hari juga dapat menguatkan sistem imun tubuh, melindungi diri dari risiko penyakit kardiovaskular, dan mengurangi kemungkinan terserang kanker.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Kulit Kering Selama Berpuasa

4. Timun

Rekomendasi jus sayuran yang menyehatkan untuk berbuka puasa ketiga adalah timun. Sayuran ini memiliki kandungan air berlimpah untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Jenis sayuran satu ini juga rendah kalori, tetapi sangat tinggi vitamin C, K, mangan, dan kalium. 

5. Bayam

Rekomendasi jus sayuran yang menyehatkan untuk berbuka puasa kelima adalah bayam. Bayam menjadi jenis sayuran yang kerap dipilih sebagai jus.

Sebab, sayuran berdaun hijau ini begitu tinggi kandungan vitamin C dan A serta memberikan dosis antioksidan yang cukup tinggi, seperti lutein, kaempferol, dan quercetin. 

Itulah beberapa rekomendasi jus sayuran yang menyehatkan untuk berbuka puasa. Jangan lupa untuk tetap memastikan tubuh tetap sehat dengan mengonsumsi vitamin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News