HOME, Bugar

Cara Ampuh Mengatasi Kulit Kering Selama Berpuasa

 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Kering Selama Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Salah satu penyebab kulit kering saat puasa adalah jumlah asupan cairan yang juga berkurang. Dampak kurangnya cairan dalam tubuh dapat langsung terlihat pada kulit. Memakai pelembap yang tepat merupakan cara mengatasi kulit kering saat puasa.

Kulit kering ditandai dengan permukaan kulit (epidermis) yang kasar, kusam, gatal, pecah-pecah atau bahkan bersisik.

Seperti yang telah disinggung di awal, puasa membuat perubahan pola makan. Artinya, waktu makan dan minum berubah dan menjadi lebih terbatas.  

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Kenali 5 Manfaat Berpuasa Untuk Ibu Hamil

Jika saat sahur dan berbuka Anda tidak cukup minum, tubuh pun akan kekurangan cairan. Tubuh yang kekurangan cairan bisa berakibat pada seluruh kesehatan tubuh, termasuk kulit.

Dilansir dari Skin Health dan Mayo Clinic, berikut ini beberapa cara ampuh mengatasi kulit kering selama berpuasa:

1. Minum air putih yang cukup

Cara ampuh mengatasi kulit kering selama berpuasa yang pertama adalah minum air putih yang cukup. Kurang minum jadi salah satu penyebab kulit terasa kering. Anda harus cukup minum untuk mengatasi kulit kering saat puasa. Mencukupi asupan cairan juga bisa membantu mencegah dehidrasi saat puasa.

2. Hindari makanan berminyak

Cara ampuh mengatasi kulit kering selama berpuasa selanjutnya adalah hindari makanan berminyak. Gorengan sudah jadi langganan menu berbuka puasa.

Makan makanan berminyak, seperti gorengan, justru dapat mempercepat proses dehidrasi. Cairan tubuh akan terserap lebih banyak ketika Anda banyak mengonsumsi makanan berminyak. 

3. Konsumsi antioksidan

Cara ampuh mengatasi kulit kering selama berpuasa berikutnya adalah konsumsi antioksidan. Hal ini menjadi cara mengatasi kulit kering saat puasa secara alami. Gejala kulit kering saat berpuasa bisa semakin parah apabila terpapar dengan elemen-elemen yang merusak sel kulit lebih cepat.

Baca Juga: Inilah Waktu Terbaik untuk Berolahraga Selama Berpuasa

4. Hindari penggunaan make up yang berat

Salah satu tips menjaga agar kulit tidak keling saat puasa adalah dengan memperhatikan penggunaan make up. Sebaiknya, hindari penggunaan produk make up yang terlalu tebal, seperti foundationdan concealer. 

5. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat memperburuk kondisi kulit kering saat puasa. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen sebagai tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan.

Beberapa tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan di atas bisa Anda terapkan sehari-hari. Dengan demikian, ibadah puasa selama satu bulan penuh bisa berjalan lancar tanpa ada masalah kulit kering yang mengganggu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News