HOME, Keluarga

5 Perbedaan Mendasar Antara Anak Laki-Laki dan Anak Perempuan, Yuk Cari Tahu!

 5 Perbedaan Mendasar Antara Anak Laki-Laki dan Anak Perempuan, Yuk Cari Tahu!

MOMSMONEY.ID - Tidak sedikit orang tua yang dapat membedakan perilaku anak laki-laki atau anak perempuan mereka yang masih kecil. Beberapa di antaranya bahkan percaya bahwa anak perempuan mampu belajar berbicara dengan lebih cepat sekaligus lebih berempati daripada anak laki-laki. Di sisi lain, anak laki-laki dianggap membutuhkan lebih banyak perhatian dibandingkan anak perempuan meskipun mereka jauh lebih tua dari saudara perempuannya tersebut.

Namun, apakah benar ada perbedaan di antara anak laki-laki dan anak perempuan? Tentu saja ada.

Melansir Bright Side, berikut 5 perbedaan mendasar antara anak laki-laki dan anak perempuan berdasarkan penelitian.

Baca Juga: 4 Tips Sederhana untuk Membantu Anak Fokus dan Berkonsentrasi dengan Lebih Baik

1. Kemampuan sosial

Dibandingkan anak laki-laki, anak perempuan lebih baik dalam hal pemahaman sosial dan lebih sensitif terhadap ekspresi emosional. Anak perempuan mampu membaca secara mendalam emosi orang lain dan lebih baik dalam merasakan apa yang sedang terjadi di dalam keluarga.

Studi menunjukkan bahwa anak perempuan lebih tertarik untuk membaca wajah sementara anak laki-laki lebih tertarik pada fisik-mekanis seluler. Kendati anak laki-laki juga bisa merasakan apa yang dirasakan anak perempuan, namun cenderung sulit untuk melihat berbagai emosi tersebut di wajah mereka. Pasalnya, anak laki-laki lebih berpikiran sederhana dan berusaha untuk menyembunyikan perasaannya dari orang lain.

2. Kemampuan berbicara

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa anak laki-laki cenderung terlambat untuk berbicara daripada anak perempuan. Dan, sering kali anak perempuan memiliki kosakata yang lebih banyak serta cenderung menyukai percakapan yang panjang sejak dini. Ini karena anak perempuan hanya mengembangkan bagian otak yang bertanggung jawab untuk berbicara dengan lebih baik.

Meskipun demikian, jenis kelamin mungkin hanya memengaruhi sebagian kecil dari perbedaan keterampilan verbal pada anak-anak. Selain jenis kelamin, faktor sosial ekonomi dan peluang juga dapat memengaruhi seberapa cepat anak akan berbicara dan seberapa banyak kosakata yang akan mereka kuasai nantinya.

3. Aktivitas fisik

Anak laki-laki lebih aktif daripada anak perempuan bahkan sebelum mereka lahir. Jadi, tidak heran jika mereka sering menciptakan berbagai gerakan untuk ibu mereka terutama ketika mereka tidak menyukai sesuatu.

Para peneliti telah menemukan bahwa anak laki-laki lebih sering terlihat berlari, melompat, memanjat pohon, dan bermain bola di luar ruangan. Sedangkan anak perempuan cenderung memilih permainan yang lebih tenang dan lebih suka bermain di dalam rumah. Walaupun demikian, akan lebih baik untuk tidak berpegang erat dengan perbedaan tersebut dan sangat disarankan bagi Anda untuk tetap melibatkan anak laki-laki atau pun anak perempuan ke dalam aktivitas fisik yang berbeda baik di dalam maupun di luar ruangan.

4. Cara menangis

Anak laki-laki cenderung menunjukkan lebih banyak frustasi daripada anak perempuan. Pada 12 bulan pertama, anak laki-laki umumnya menunjukkan reaksi yang jauh lebih kuat terhadap isu-isu negatif. Plus, anak laki-laki juga lebih mudah terlihat murung dan membutuhkan lebih banyak perhatian.

Hal tersebut selaras dengan fakta yang menjelaskan bahwa anak laki-laki memiliki naluri penelitian yang lebih kuat dan lebih mungkin untuk masuk ke dalam situasi yang dapat menyebabkan rasa sakit serta frustasi. Misalnya, anak laki-laki mungkin akan lebih sering menangis atau merasakan rasa sakit karena mereka cenderung lebih mudah untuk melukai diri sendiri dibandingkan anak perempuan.

5. Emosi

Anak laki-laki cenderung lebih emosional dan bersemangat dalam sebuah permainan daripada anak perempuan. Menyukai kemenangan, anak laki-laki cenderung bergairah tatkala dihadapkan dengan ketakutan dan bahaya.

Banyak ilmuwan setuju bahwa testosteron memainkan peran kunci dalam perilaku alami anak laki-laki yang demikian.

Sebaliknya, anak perempuan cenderung kurang agresif namun lebih mampu secara sosial daripada anak laki-laki. Tampilan emosi anak perempuan mungkin akan lebih kuat di hadapan teman sebaya, orang tua, atau orang dewasa lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News