HOME, Bugar

5 Penyebab Nyeri Punggung Bagian Atas Yang Jarang Disadari dan Kerap Disepelekan

5 Penyebab Nyeri Punggung Bagian Atas Yang Jarang Disadari dan Kerap Disepelekan

MOMSMONEY.ID - Sakit punggung atas digambarkan sebagai rasa nyeri dan kaku yang dirasakan di bagian punggung, lebih tepatnya di antara leher bagian belakang atau tengkuk hingga ke pinggang.

Sakit punggung yang dirasakan terkadang bisa cukup berat hingga membatasi aktivitas penderitanya. 

Nyeri pada punggung atas ini bisa berasal saraf tulang belakang, tulang belakang, otot punggung dan leher, hingga ligamen atau jaringan ikat yang menghubungkan otot-otot di punggung dan tulang belakang.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab Amandel yang Perlu Diketahui dan Cara Mengatasinya

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit punggung atas, di antaranya sebagai berikut.

1. Patah tulang selangka

Kondisi ini bisa disebabkan oleh cedera akibat terjatuh dengan posisi tangan terentang dan memicu sakit punggung atas. Umumnya, cedera semacam ini dialami saat jatuh dari kendaraan, seperti sepeda.

Selain beberapa faktor penyebab di atas, sakit punggung atas juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, seperit saraf terjepit atau hernia nukleus pulposus (HNP), skoliosis, osteoporosis, dan osteoarthritis, dilansir dari Healthline.

Pada kasus tertentu, sakit pungggung atas bahkan bisa disebabkan oleh tumor yang menekan saraf dan tulang belakang.

2. Duduk terlalu lama

Sakit punggung atas dapat diakibatkan oleh postur tubuh yang salah saat duduk, terutama saat duduk dalam jangka waktu lama.

Keluhan ini sering kali dialami orang yang duduk seharian saat bekerja, menunduk terlalu lama saat bermain gadget, atau bepergian jauh dengan kendaraan.

Posisi tersebut dapat menekan saraf-saraf di punggung dan membuat otot punggung kaku, sehingga berpotensi membuat sakit punggung atas.

Sakit pungggung atas karena posisi duduk yang kurang baik ini terkadang dapat dirasakan menjalar hingga ke lengan dan kepala.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Berikut Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

3. Cedera

Cedera pada kulit, otot, tulang, serta saraf punggung atas dapat menyebabkan nyeri punggung atas.

Cedera tersebut bisa diakibatkan oleh kecelakaan, sering melakukan olahraga berat dengan gerakan yang berulang, atau postur tubuh yang salah saat melakukan gerakan tertentu, misalnya saat mengangkat suatu benda di lantai.

4. Kebiasaan mengenakan sepatu yang tidak pas 

Tidak hanya sepatu hak tinggi, sepatu apa pun jika bagian dasarnya sudah aus atau bentuk lengkungannya kurang tepat dengan struktur telapak kaki, maka dapat menyebabkan sakit punggung.

Selain rasa sakit, sepatu seperti ini juga dapat mengubah gaya berjalan Anda dan mengganggu kemampuan kaki dalam menopang tubuh.

5. Kurang olahraga

Kurang berolahraga atau jarang bergerak lama kelamaan dapat membuat otot tubuh menjadi lemah, sehingga tidak mampu menopang tubuh dengan baik. Akibatnya, tubuh akan mudah merasakan sakit punggung, baik sakit punggung atas maupun bawah.

 Berikut ini penyebab yang kerap disepelekan dan jarang disadari yang akhirnya menyebabkan nyeri punggung.

Selanjutnya: Benarkah Penyakit Autoimun Lebih Sering Terjadi pada Wanita?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News