HOME, Bugar

Kaya Nutrisi, Berikut Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Kaya Nutrisi, Berikut Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Kacang panjang merupakan tanaman sayur yang cukup populer di dunia kuliner Asia Tenggara dan Asia Timur. Tanaman ini biasanya dimasak sebagai sayur atau dimakan mentah sebagai lalapan.

Meskipun jarang disajikan sebagai hidangan utama, mengonsumsi kacang panjang bisa melengkapi kebutuhan gizi harian Anda karena kaya akan protein, karbohidrat, kalium, fosfor, tetapi juga zat gizi lainnya, dikutip dari Mayo Clinic.

Penting juga diketahui bahwa kacang panjang segar adalah salah satu sumber folat terbaik. Kandungan vitamin C pada kacang panjang ini juga cukup untuk memenuhi 31% dari kebutuhan harian Anda, yaitu sekitar 19 miligram.

Baca Juga: Ketahui Efek Samping Mengonsumsi Teh Chamomile Secara Berlebihan

Berikut adalah berbagai khasiat yang bisa Anda peroleh dengan makan kacang panjang.

1. Meredakan nyeri haid

Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan mineral mangan yang terdapat pada kacang panjang. Mangan merupakan mineral yang beperan penting dalam siklus reproduksi wanita.

Kandungan mangan pada kacang panjang dapat mengurangi frekuensi atau meringakan rasa sakit karena kram perut selama menstruasi.

2. Menurunkan kadar glukosa

Dalam World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, diketahui kacang panjang mengandung sifat antihiperglikemik sehingga mampu menurunkan sensitivitas tubuh terhadap gula darah (glukosa).

Pada penelitian tersebut, dilakukan uji tes toleransi glukosa pada hewan di laboratorium. Berdasarkan hasil tes ditemukan bahwa ekstrak kacang panjang mampu mengurangi kadar glukosa.

3. Mengurangi risiko asam urat

Manfaat ini masih berkaitan dengan kandungan vitamin C pada kacang panjang. Vitamin C adalah antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan bahan kimia beracun.

Penumpukan radikal bebas dapat menyebabkan sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan arthritis (radang sendi).

4. Mencegah kanker

Kacang panjag mengandung sederet antioksidan nabati, termasuk flavonoid, dan riboflavin (vitamin B2). Dua senyawa ini diketahui dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Di samping itu, kacang panjang mengandung tinggi asam folat. Tubuh yang kekurangan asam folat berisiko menyebabkan pertumbuhan sel kanker pada usus besar, payudara, serviks, paru-paru, dan kanker otak.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Rambut

5. Meningkatkan stamina dan kesuburan

Ketika seseorang melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga, tubuh akan membutuhkan asupan oksigen lebih banyak.

Kacang panjang yang kaya akan zat besi dapat memicu pembentukan sel darah merah sebagai pembawa oksigen dan menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar.

Meskipun begitu, sebagian besar manfaat kacang panjang untuk kesehatan masih membutuhkan pengujian yang lebih masif dan menyeluruh.

Anda tetap bisa mengonsumsi kacang panjang dengan aman sekaligus mendapatkan manfaat dari kandungan nutrisinya untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. 

Selanjutnya: Mengenal Gejala Bunion pada Sendi Jempol Kaki dan Cara mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News