Bugar

5 Penyebab Jenis Kulit Wajah Bisa Berubah, Apa Saja?

5 Penyebab Jenis Kulit Wajah Bisa Berubah, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Tanpa disadari, ternyata jenis kulit wajah bisa berubah. Proses perubahan jenis kulit biasanya berlangsung cukup panjang dan penyebabnya ada beragam.

Selain faktor usia, ada beberapa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi tipe kulit berubah.

Untuk lebih jelasnya, berikut penyebab jenis kulit wajah yang bisa berubah dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Perubahan Cuaca

Pertama, penyebab jenis kulit wajah berubah adalah perubahan cuaca atau iklim yang terjadi di lingkungan tempat tinggal. Kulit berfungsi sebagai pelindung organ tubuh lain maka ketika Anda menghadapi perubahan cuaca atau musim biasanya kulit akan melakukan penyesuaian agar organ tubuh tetap terlindungi.

Faktor cuaca adalah salah satu penyebab utama karena kulit akan terasa jauh lebih berminyak saat tinggal di kota yang sangat panas. Selain cuaca di luar ruangan, penggunaan heater atau pendingin ruangan juga berampak pada kulit.

Jadi, Anda perlu menghindari penggunaan air panas, penghangat ruangan atau AC yang terlalu dingin untuk menjaga kulit tetap seimbang.

2. Perubahan Gaya Hidup

Penyebab jenis kulit wajah bisa berubah selanjutnya adalah perubahan gaya hidup. Gaya hidup yang baik atau buruk akan berpengaruh ke kondisi kulit.

Gaya hidup yang buruk sebaiknya mulai dihindari seperti merokok, begadang, tingkat stres yang dialami sehari-hari dan pola makan. Sayangilah kulit Anda dengan menerapkan gaya hidup yang baik. 

Baca Juga: 5 Masalah Kulit Wajah yang Umum Dialami Remaja, Apa Saja?

3. Hormon yang Naik Turun

Penyebab jenis kulit wajah bisa berubah berikutnya adalah hormon yang naik turun. Perubahan hormon yang biasa dialami perempuan ini bisa berpengaruh ke kulit.

Biasanya perempuan akan mengalami perubahan hormon pada saat menstruasi, hamil, menopause, atau pra menopause hingga konsumsi pil KB yang membuat kulit menjadi lebih berminyak.

Selain menjadi berminyak, kulit juga rentan mengalami jerawat. Perubahan tipe kulit karena alasan hormon memang bukan perubahan permanen dan dianggap sebagai perubahan behaviour dan kondisi kulit yang bersifat sementara.

4. Faktor Lingkungan 

Faktor lingkungan juga termasuk penyebab jenis kulit wajah berubah. Meskipun tidak terlalu berpengaruh, faktor eksternal ini menjadi salah satu penyebab kulit harus menyesuaikan diri.

Beberapa faktor lingkungan seperti radikal bebas, polusi udara, allergen, hingga paparan sinar UV yang berlebih bisa merusak kulit. Anda tidak bisa mengontrol faktor eksternal tetapi Anda harus berusaha melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas dengan mencari produk skincare yang sesuai.

5. Penggunaan Produk Topikal

Penyebab jenis kulit wajah bisa berubah lainnya adalah penggunaan produk topikal. Jika kulit wajah Anda tiba-tiba menjadi kering, mengelupas, atau sensitif, Anda perlu memeriksa kembali rangkaian skincare yang sedang Anda lakukan.

Penggunaan topical treatment dengan produk kandungan vitamin, AHA, dan retinol bisa menimbulkan perubahan pada kulit seperti reaksi alergi, iritasi, hingga kulit mengelupas. Hal ini akan membuat kulit terasa lebih kering dan muncul masalah kulit yang biasanya tidak Anda alami.

Kondisi ini bisa jadi hanya sementara pasca penggunaan produk tersebut. Anda bisa coba menggunakan beberapa kandungan yang menenangkan kulit dan selalu menggunakan sunscreen.

Itulah lima penyebab jenis kulit wajah bisa berubah yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News