Bugar

5 Masalah Kulit Wajah yang Umum Dialami Remaja, Apa Saja?

5 Masalah Kulit Wajah yang Umum Dialami Remaja, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Usia remaja biasanya akan sering melakukan berbagai macam aktivitas. Jika kulit tidak dirawat, maka beberapa masalah kulit wajah ini akan dialami oleh remaja. Dengan segudang kegiatan, merawat kesehatan kulit sering diabaikan sehingga kondisi kulit menjadi buruk.

Selain itu, usia remaja juga saat tubuh sedang mengalami perubahan hormon yang menimbulkan beberapa masalah kulit wajah.

Untuk lebih memahami, berikut lima masalah kulit wajah yang umum dialami remaja dilansir dari senka.id

1. Jerawat

Pertama, masalah kulit wajah yang sering dialami usia remaja adalah jerawat. Jerawat seringnya disebabkan oleh perubahan hormon testosteron (penentu kinerja tubuh pada pria) dan hormon estrogen (pada wanita menjelang menstruasi) yang memicu produksi minyak berlebih.

Sehingga, debu dan kotoran mudah menempel dan menyumbat pori-pori di wajah. Jika tidak dibersihkan, maka kulit wajah akan rentan mengalami jerawat.

Rutinlah membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Lakukan teknik double cleansing dan pilihlah produk pembersih wajah sesuai jenis kulit. 

2. Kusam

Masalah kulit wajah yang umum dialami remaja selanjutnya adalah kusam. Penyebab munculnya kulit kusam disebabkan oleh kulit kering, dehidrasi, sel kulit mati yang menumpuk, paparan sinar matahari berlebih, hingga kebiasaan malas membersihkan wajah. Biar wajah terlihat cerah, bersihkan wajah secara rutin dan teratur. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Kulit Kaki Pecah-Pecah Secara Alami, Gimana?

3. Pori Pori Membesar

Pori-pori membesar juga bisa dialami di usia remaja. Masalah kulit satu ini biasanya disebabkan oleh debu keringat, minyak, dan polusi yang menempel di wajah dan tidak segera dibersihkan. 

Jika hal tersebut menyumbat pori-pori, lama-kelamaan timbul blackheads (komedo hitam) dan whiteheads (komedo putih) di wajah. Sehingga sangat disarankan melakukan eksfoliasi kulit untuk mengangkat sel kulit mati. 

4. Hiperpigmentasi

Berikutnya, masalah kulit wajah yang umum dialami remaja adalah hiperpigmentasi. Kondisi ini terjadi pasca-inflamasi akibat jerawat, sehingga warna kulit berubah menjadi lebih gelap.

Untuk meminimalisir tampilan tersebut,Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan selalu mengenakan sunscreen supaya kulit terlihat segar dan cerah bersinar. 

5. Sunburn

Masalah kulit remaja lainnya adalah sunburn. Aktivitas di luar ruangan yang padat berpotensi membuat kulit terpapar sinar matahari.

Apalagi jika Anda malas pakai sunscreen. Lama-kelamaan, wajah jadi sunburn atau terbakar. Oleh karena itu, mulai proteksi kulit Anda dengan sunscreen SPF 30 agar wajah nggak belang dan terhindar dari iritasi. 

Pentingnya merawat kulit wajah sejak remaja karena beberapa masalah kulit di atas paling umum dialami remaja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News