Bugar

5 Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan pada Manusia

5 Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan pada Manusia

MOMSMONEY.ID - Penyebab gangguan sistem pencernaan perlu Anda ketahui, karena hal ini adalah salah satu sistem yang paling penting dalam tubuh.

Sistem pencernaan bekerja membantu mencerna makanan, memecah nutrisi, dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh agar manusia bisa tetap hidup. 

Gangguan pencernaan bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena makanan yang dimakan ataupun mengidap penyakit tertentu.

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa jenis penyebab gangguan sistem pencernaan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai

1. Penyakit refluks asam lambung

Penyebab gangguan sistem pencernaan pada manusia yang pertama adalah penyakit refluks asam lambung. 

Penyakit refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan.

Kondisi ini terjadi akibat melemahnya cincin otot kerongkongan yang berfungsi mencegah makanan kembali ke kerongkongan setelah masuk ke lambung.

2. Makan makanan yang rendah serat

Penyebab gangguan sistem pencernaan pada manusia yang kedua adalah makan makanan yang rendah serat. 

Asupan serat yang rendah dikaitkan dengan penurunan motilitas lambung, usus, dan pengosongan lambung yang tertunda.

Kekurangan serat dapat membuat kamu berisiko mengalami sembelit. Sembelit bisa berdampak pada masalah kesehatan lain, misalnya wasir.

3. Akalasia

Penyebab gangguan sistem pencernaan pada manusia yang selanjutnya adalah akalasia. Akalasia adalah kondisi ketika saraf di area kerongkongan mengalami kerusakan.

Kondisi tersebut menyebabkan otot katup di antara kerongkongan dan lambung kehilangan kelenturan sehingga makanan sulit terdorong ke lambung.

Baca Juga: Waspadai! Sederet Penyebab Asma Kambuh di Malam Hari

4. Stres

Penyebab gangguan sistem pencernaan pada manusia yang keempat adalah stres yang berlebihan. 

Stres dapat mengaktifkan respons lari di sistem saraf pusat yang pada akhirnya dapat memengaruhi sistem pencernaan.

Alhasil, ini bisa menyebabkan kerongkongan menjadi kejang, meningkatkan asam di perut, mual, diare dan sembelit, serta menurunkan aliran darah dari oksigen ke perut.

5. Gastritis

Penyebab gangguan sistem pencernaan pada manusia yang terakhir adalah gastritis. Kondisi ini dapat terjadi akibat luka pada dinding lambung.

Gastritis adalah peradangan di dinding lambung yang dapat terjadi tiba-tiba (akut) atau berlangsung dalam jangka panjang atawa kronis.  

Itulah beberapa penyebab gangguan sistem pencernaan pada manusia yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News