Bugar

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Penyebab asam lambung naik yang perlu diwaspadai dan tidak boleh disepelekan dan agar bisa mengantisipasinya.

Walaupun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung naik perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi. 

Penyebab utama asam lambung naik yaitu produksi hormon gastrin yang berlebihan. Gastrin merupakan hormon yang diproduksi oleh sel ‘G’ pada lapisan lambung dan usus kecil bagian atas.  

Selain itu, dilansir dari Everyday Health, inilah beberapa penyebab asam lambung naik yang perlu diwaspadai, antara lain: 

Baca Juga: Waspadai 5 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Anda Mengalami BAB Berdarah

1. Penyakit ginjal kronis

Penyebab asam lambung naik yang pertama akibat penyakit ginjal kronis. Pasien penyakit ginjal kronis (CKD) lebih mungkin mengalami asam lambung naik.

Penyebab pastinya memang belum diketahui. Namun, hal ini mungkin berkaitan dengan ginjal yang tidak berfungsi dengan baik.  

2. Sindrom Zollinger-Ellison

Penyebab asam lambung naik yang kedua adalah karena sindrom zollinger ellison. Sindrom Zollinger-Ellison merupakan penyakit langka.

Penyakit ini menyebabkan tumor yang muncul di pankreas dan usus kecil Anda, atau biasa disebut sebagai gastrinomas. 

3. Hipersekresi asam lambung

Penyebab asam lambung naik yang ketiga akibat hipersekresi asam lambung. Salah satu jenis obat untuk menurunkan asam lambung yaitu H2 blocker.

Namun, ada kalanya obat ini justru dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut terkait kondisi ini. 

Di lain sisi, berhenti dari terapi dengan penghambat pompa proton (PPI) tiba-tiba juga dilaporkan dapat meningkatkan asam lambung. 

Baca Juga: Kenali Gejala Tukak Lambung yang Sering Terjadi pada Ibu Hamil

4. Infeksi Helicobacter pylori (H. pylori)

Penyebab asam lambung naik yang terakhir adalah akibat infeksi helicobacter. Helicobacter pylori merupakan jenis bakteri yang dapat menyerang lapisan yang melindungi lambung. 

Bakteri ini juga dapat merangsang lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam pada beberapa orang, tetapi belum diketahui apa penyebab pastinya. 

Itulah penyebab asam lambung naik yang perlu diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News