Bugar

5 Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Anak, Moms Wajib Tahu!

5 Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Anak, Moms Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Penyakit kulit yang rentan menyerang anak juga beragam jenisnya dan perlu diketetahui orang tua, agar jika anak mengalaminya tidak panik.

Bukan hanya batuk atau demam, anak-anak juga rentan mengalami gangguan pada kulit. Kondisi ini bisa membuat anak merasa tidak nyaman karena menyebabkan rasa gatal dan nyeri.

Penyakit kulit ini ada yang bersifat ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi ada pula yang bersifat serius dan membutuhkan penanganan langsung oleh dokter.

Untuk itu, seperti dilandir dari Kids Health, sebaiknya ketahui berbagai jenis penyakit kulit yang rentan menyerang anak, antara lain: 

Baca Juga: Begini 5 Cara untuk Mengatasi Biduran pada Anak

1. Kerak kepala bayi (cradle cap)

Penyakit kulit yang rentan menyerang anak pertama adalah kerak kepala bayi. Jenis penyakit kulit ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir hingga berusia tiga tahun.

Kondisi ini ditandai dengan adanya sisik putih atau kuning yang tebal di permukaan kulit kepala bayi. Istilah medis dari kondisi ini adalah cradle cap atau dermatitis seboroik.

2. Kurap

Penyakit kulit yang rentan menyerang anak kedua adalah kurap. Penyakit ini sangat rentan dialami oleh anak-anak, khususnya anak yang mengalami kekurangan nutrisi dan imun tubuh lemah.

Anda bisa mencegah kurap dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, menjaga kebersihan kaki, dan memberikan anak bebagai makanan nutrisi agar imun tubuh optimal.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Penyakit yang Rentan Terjadi pada Bayi di Tahun Pertama

3. Eksim

Penyakit kulit yang rentan menyerang anak ketiga adalah eksim. Eksim atau dermatitis atopik merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit kemerahan dan terasa gatal.

Penyakit kulit ini umumnya bersifat kronis, tetapi dapat mereda dengan sendirinya. Pada sebagian anak, eksim terkadang disertai dengan asma.

4. Dermatitis kontak

Penyakit kulit yang rentan menyerang anak selanjutnya adalah dermatitis kontak. Kondisi ini dapat terjadi ketika anak-anak mengalami reaksi terhadap paparan alergen pada kulit.

Misalnya, debu, bahan kimia, bulu hewan, hingga tungau bisa menjadi pemicu anak mengalami dermatitis kontak.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Mental Remaja

5. Cacar air

Penyakit kulit yang rentan menyerang anak terakhir adalah cacar air. Cacar air adalah jenis penyakit kulit yang umum menimpa anak-anak, tetapi bisa juga terjadi pada orang dewasa.

Gejala cacar air biasanya berupa demam panas disertai muncul ruam di kulit. Ruam itu sendiri muncul dalam bentuk lepuhan, bintik-bintik, dan koreng.

Jangan panik jika anak Anda mengalami salah satu dari jenis penyakit kulit di atas. Jika bingung atau ragu, periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah beberapa penyakit kulit yang rentan menyerang anak dan perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News