Bugar

5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Mental Remaja

5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Mental Remaja

MOMSMONEY.ID - Manfaat bermain sepak bola untuk kesehatan mental remaja ternyata sangat beragam dan tidak hanya baik untuk kesehatan fisik.

Selain itu, juga sangat baik untuk kebugaran dan kesehatan jantung, sehingga baik dilakukan semua orang dari segala usia apalagi remaja. 

Namun, manfaat sepak bola sebenarnya tidak hanya untuk kesehatan fisik. Olahraga ini ternyata juga baik untuk mendukung kesehatan mental. 

Dilansir dari Soccer Coaching Pro dan Better Health Channel, berikut adalah beberapa manfaat sepak bola untuk kesehatan mental yang bisa Anda dapatkan, antara lain: 

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Olahraga Panjat Tebing untuk Kesehatan

1. Mengurangi kecemasan, stres, dan depresi

Manfaat sepak bola untuk kesehatan mental yang pertama adalah mengurangi kecemasan, stres dan depresi. 

Bahkan, rutin bermain sepak bola juga dapat merangsang pelepasan bahan kimia lain seperti dopamin dan serotonin.

Kedua senyawa kimia tersebut membantu tubuh untuk mengontrol nafsu makan, dan siklus tidur yang sekali lagi dapat mengurangi kecemasan dan depresi.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat sepak bola untuk kesehatan mental yang kedua bisa meningkatkan rasa percaya diri. Sepak bola dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri, yang sangat penting bagi kesejahteraan emosional seseorang. 

3. Belajar mengendalikan emosi

Manfaat sepak bola untuk kesehatan mental selanjutnya adalah Anda bisa belajar mengendalikan emosi. Hal ini memberikan dampak yang positif bagi kehidupan secara keseluruhan. 

Baca Juga: Menjaga Berat Tubuh, Berikut Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

4. Meningkatkan suasana hati

Manfaat sepak bola untuk kesehatan mental yang keempat adalah meningkatkan suasana hati. Saat berolahraga, tubuh melepaskan bahan kimia yang disebut endorfin.

Senyawa ini tidak hanya membantu menghilangkan rasa sakit dan stres yang Anda rasakan, tetapi juga meningkatkan suasana hati secara keseluruhan dan membuat Anda merasa baik.

5. Meningkatkan rasa empati

Manfaat sepak bola untuk kesehatan mental yang terakhir bisa meningkatkan rasa empati. Oleh karena sepak bola adalah olahraga tim. 

Pemain harus bekerja sama dengan rekan satu tim jika ingin memiliki peluang kemenangan yang besar. Ini berarti tidak hanya saling mendukung tetapi juga saling memotivasi dan peduli.

Itulah beberapa manfaat sepak bola untuk kesehatan mental yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda rasakan manfaatnya jika rutin melakukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News