Santai

5 Penipuan ChatGPT yang Harus Diwaspadai, Hati-hati Jangan Sembarangan Masukan Data

5 Penipuan ChatGPT yang Harus Diwaspadai, Hati-hati Jangan Sembarangan Masukan Data

MOMSMONEY.ID - Waspada, popularitas ChatGPT dimanfaatkan oleh oknum untuk menipu. Anda perlu mengetahui penipuan ChatGPT yang harus diwaspadai. 

ChatGPT telah menjadi populer di seluruh dunia. Aplikasi ini menawarkan layanan chatbot AI kepada miliaran orang.

Mengutip Make Use Of, terdapat 5 penipuan ChatGPT yang harus diwaspadai sehingga Anda perlu hati-hati dalam menggunakannya. 

Penipuan ChatGPT yang harus diwaspadai ini biasanya tidak disadari oleh pengguna. Oleh karena itu, Anda perlu waspada terhadap penipuan yang menggunakan ChatGPT. 

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Nomor HP di Telegram agar Tidak Dilihat Orang Lain

Lalu, apa saja penipuan ChatGPT yang harus diwaspadai? Berikut ini adalah 5 penipuan ChatGPT yang harus diwaspadai:

1. Penipuan Email ChatGPT 

email

E-mail telah digunakan sebagai vektor penipuan selama bertahun-tahun, baik untuk menyebarkan malware, memeras korban, atau mencuri informasi berharga.

Sekarang, nama ChatGPT digunakan dalam penipuan e-mail untuk mengelabui penerima.

Pada April 2023, banyak berita mulai melaporkan gelombang email phishing yang ditulis khusus oleh ChatGPT.

Karena ChatGPT dapat menulis konten atas permintaan pengguna, penjahat dunia maya mulai menggunakan AI chatbot untuk menulis e-mail phishing yang kemudian dapat mereka gunakan dalam kampanye jahat mereka.

Katakanlah, misalnya, penjahat dunia maya tidak fasih berbahasa Inggris tetapi ingin menargetkan individu yang berbahasa Inggris.

Menggunakan ChatGPT, mereka dapat memiliki email phishing tanpa cacat yang ditulis untuk mereka, tanpa kesalahan ejaan atau tata bahasa.

E-mail phishing yang ditulis dengan baik dapat menipu korban dengan lebih efektif, karena ini memicu kesan legitimasi yang coba ditiru oleh pengirim jahat.

Secara umum, menggunakan ChatGPT untuk menulis e-mail phishing dapat merampingkan proses penipuan bagi penjahat dunia maya, yang dapat menyebabkan serangan phishing meningkat frekuensinya secara keseluruhan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Chat GPT di Telegram Tanpa Tambahan Aplikasi, Bisa Lewat Bot

2. Ekstensi peramban ChatGPT palsu

Ekstensi browser adalah alat populer dan nyaman yang digunakan oleh jutaan orang, tetapi versi berbahaya dan palsu dari perangkat lunak ini juga digunakan untuk menginstal malware dan mencuri data. Kasingnya tidak berbeda untuk ChatGPT.

Ekstensi diberi nama khusus untuk membingungkan pengguna, hampir identik dengan alat ChatGPT untuk Google yang sah.

Banyak orang tidak berpikir dua kali tentang nama tersebut dan memasang ekstensi dengan kedok bahwa itu aman. Pada kenyataannya, ekstensi tersebut digunakan untuk memasang pintu belakang tersembunyi di akun Facebook dan mengakses izin admin.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memverifikasi keabsahan ekstensi ChatGPT sebelum mengunduhnya.

Juga awasi perbedaan diskrit dalam nama ekstensi, karena ekstensi jahat dapat dicantumkan dengan nama yang sangat mirip untuk mengelabui pengguna.

Baca Juga: Cara Menambah Kolom Komentar di Channel Telegram biar Bisa Diakses Publik

3. Aplikasi ChatGPT palsu

Aplikasi berbahaya bukanlah hal baru dan telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menyebarkan malware, mencuri data, dan memantau aktivitas perangkat. Sekarang, nama terkenal ChatGPT digunakan untuk mendorong aplikasi jahat.

Pada Februari 2023, ditemukan bahwa penjahat dunia maya telah mengembangkan aplikasi ChatGPT palsu untuk menyebarkan malware Windows dan Android.

Untuk menjaga diri Anda aman dari aplikasi ini, penting untuk melakukan penelitian latar belakang pada jenis program perangkat lunak apa pun untuk melihat apakah itu memiliki reputasi positif, atau reputasi apa pun. 

4. Malware dibuat oleh ChatGPT

Ada banyak pembicaraan tentang AI dan kejahatan dunia maya dalam beberapa tahun terakhir, karena banyak yang khawatir teknologi ini dapat mempermudah pelaku kejahatan untuk menipu dan menyerang korban.

Ini sama sekali bukan kekhawatiran yang tidak realistis, karena ChatGPT dapat digunakan dalam pembuatan malware

Malware ini tidak terlalu kompleks, dan tidak ada malware yang sangat berbahaya, seperti ransomware, yang telah diidentifikasi sebagai produk ChatGPT.

Tetapi, kemampuan ChatGPT untuk menulis bahkan program malware yang sederhana membuka pintu bagi orang-orang yang ingin terlibat dalam kejahatan dunia maya tetapi tidak memiliki banyak, atau keahlian teknis apa pun. 

Baca Juga: Begini Cara Ubah Suara Pakai AI Cover Generator yang Viral di TikTok

5. Situs phishing ChatGPT

Serangan phishing sering dilakukan menggunakan situs web berbahaya. Situs-situs ini dirancang untuk mencatat penekanan tombol yang Anda masukkan, sehingga data berharga dapat dicuri dan dieksploitasi.

Jika Anda ingin menggunakan ChatGPT, ada kemungkinan Anda berisiko menjadi korban penipuan phishing semacam ini. Katakanlah Anda mengklik situs web yang meyakini bahwa itu adalah halaman web ChatGPT resmi.

Di sini, Anda membuat akun, memasukkan nama, detail kontak, dan informasi lainnya. 

Jika situs web yang Anda gunakan sebenarnya adalah situs jahat, informasi yang Anda masukkan kemungkinan besar akan dicuri untuk dieksploitasi.

Jadi, jika Anda tertarik untuk menggunakan ChatGPT, atau ingin terus mengetahui cara melindungi diri Anda secara online, berhati-hatilah dengan berbagai jenis penipuan. 

Itulah beberapa penipuan ChatGPT yang harus diwaspadai. Anda dapat menghindari penipuan tersebut apabila mengetahui hal-hal yang berisiko. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News