HOME, Bugar

5 Obat Herbal yang Bisa Bantu Redakan Pernafasan Akibat Radang Paru-Paru

5 Obat Herbal yang Bisa Bantu Redakan Pernafasan Akibat Radang Paru-Paru

MOMSMONEY.ID - Pneumonia atau radang paru-paru adalah penyakit infeksi yang menyerang paru-paru dan menyebabkan kantung udara di dalam paru (alveolus) meradang dan membengkak.

Selain medis, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan herbal sebagai obat tradisional untuk membantu meredakan gejala radang paru-paru, seperti batuk, napas pendek, hingga demam.

Obat tradisional atau alami tidak bisa menyembuhkan radang paru-paru secara total. Namun, bahan-bahan herbal ini mampu membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul dari gejala pneumonia. 

Baca Juga: Waspada! Sering Batuk Darah Bisa Jadi Gejala Kanker Paru

Dikutip dari Cleveland Clinic, berikut obat-obatan alami radang paru-paru bisa Anda coba di rumah.

1. Teh hijau

Obat herbal paru-paru yang bisa Anda dapatkan dengan mudah salah satunya adalah teh hijau. Kandungan Epigallocatechin gallate (EGCG) memegang peranan penting dalam khasiat teh hijau untuk paru-paru.

Komponen ini bisa bertindak sebagai antioksidan dan antiradang dan telah terbukti bisa menghambat proses perlukaan jaringan paru-paru pada para pengidap fibrosis paru.

2. Ginseng

Ginseng merupakan salah satu rempah yang dinilai bisa membantu meredakan gejala penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dengan meningkatkan fungsi paru-paru.

Jenis ginseng yang dianggap memiliki manfaat ini terutama adalah ginseng Asia.

3. Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan bernama curcumin yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu, dalam dosis tertentu, rempah berwarna kuning ini juga dinilai dapat menekan peradangan pada saluran pernapasan.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Kanker Tulang yang Perlu Anda Ketahui

4. Jahe

Jahe sudah sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gangguan saluran pernapasan. Di paru-paru sendiri, rempah yang satu ini dapat membantu mengencerkan dahak, melancarkan sirkulasi ke paru-paru, dan meredakan peradangan.

5. Lemon

Lemon bisa digunakan sebagai obat batuk alami. Buah yang satu ini memiliki sifat antiradang dan mengandung vitamin C dosis tinggi yang bisa membantu mengatasi berbagai gangguan di paru-paru.

Selain mengonsumsi obat herbal paru-paru, Anda juga bisa menjaga kesehatan organ pernapasan yang satu ini dengan rutin menjalani gaya hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News