HOME, Bugar

Ini 5 Jenis Kanker Tulang yang Perlu Anda Ketahui

Ini 5 Jenis Kanker Tulang yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang tulang. Kondisi ini dapat dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Kanker tulang dapat menyerang tulang mana pun di dalam tubuh, namun umumnya terjadi di tungkai, lengan, dan panggul.

Jenis kanker ini disebut sebagai kanker tulang karena munculnya sel kanker pertama kali ditemukan pada tulang Anda.

Baca Juga: Mengenali Risiko Penyakit bisa Dilihat dari Golongan Darah

Ternyata, ada banyak jenis kanker yang menyerang tulang. Dilansir dari Healty Bones America, berikut ini adalah tiga tanda dan gejala utama penyakit kanker tulang, yakni:

1. Nyeri

Penderita kanker tulang akan merasakan nyeri pada area tulang yang terkena. Awalnya, nyeri hanya terasa sesekali, namun akan menjadi makin sering seiring pertumbuhan kanker. Nyeri akan makin terasa saat bergerak, dan biasanya memburuk di malam hari. 

2. Pembengkakan

Pembengkakan dan peradangan muncul di area sekitar tulang yang terkena kanker. Apabila pembengkakan terjadi di tulang dekat persendian, penderita akan sulit menggerakkan sendi.

3. Tulang rapuh

Kanker tulang menyebabkan tulang menjadi rapuh. Bila semakin parah, cedera ringan saja dapat menyebabkan patah tulang.

Beberapa gejala lain yang dapat menyertai tiga tanda utama di atas adalah:

1. Berat badan turun tanpa sebab

2. Berkeringat di malam hari

3. Tubuh mudah lelah

4. Demam

5. Sensasi kebas atau mati rasa, bila kanker terjadi di tulang belakang dan menekan saraf

6. Sesak napas, bila kanker tulang menyebar ke paru-paru

 Baca Juga: Waspada, Ini Beberapa Akibat yang Ditimbulkan Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D

Dilansir dari American Cancer Society, ada beberapa jenis kanker tulang, di antaranya:

1. Osteosarcoma

Osterosarcoma merupakan jenis kanker tulang paling umum, yang berkembang di sel tulang lengan, tungkai, dan panggul. Osteosarcoma lebih sering terjadi pada usia 10-30 tahun, dan lebih banyak dialami oleh pria dibandingkan wanita.

2. Chondrosarcoma

Jenis kanker tulang ini berkembang di sel tulang rawan pada area lengan atas, bahu, rusuk, panggul, dan paha. Chondrosarcoma lebih sering terjadi pada wanita berusia di atas 40 tahun.

Jenis kanker tulang ini umumnya berkembang di tulang panggul, tulang paha, dan tulang kering. Sarkoma Ewing lebih sering terjadi pada usia 10-20 tahun. Hanya 10 persen dari kasus sarkoma Ewing yang dialami oleh orang dewasa berusia 20 tahun ke atas.

3. Chordoma

Jenis kanker tulang ini umumnya muncul di dasar tulang tengkorak atau di tulang belakang, serta cenderung tumbuh perlahan. Chordoma paling sering menyerang pria berusia 30 tahun ke atas.

4. Tumor sel raksasa pada tulang

Meskipun sebagian besar tumor jenis ini bersifat jinak, beberapa di antaranya dapat bersifat ganas. Jenis kanker tulang ini umumnya menyerang tulang lengan dan tulang tungkai dekat lutut. Tumor ini jarang menyebar ke bagian tubuh lain yang jauh, namun sering muncul kembali meskipun telah diangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News