Bugar

5 Obat Herbal untuk Menurunkan Kolesterol, Anda Bisa Coba

5 Obat Herbal untuk Menurunkan Kolesterol, Anda Bisa Coba

MOMSMONEY.ID - Daftar obat herbal untuk menurunkan kolesterol ternyata sangat beragam. Beberapa diantaranya mudah ditemukan di sekitar rumah, lo. 

Meski saat ini sudah banyak obat-obatan yang terbukti efektif untuk menurunkan kolesterol, tak sedikit orang masih memilih jalan alami untuk mengatasinya.

Beberapa tanaman memang dinilai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ada yang sudah diteliti, tapi ada juga yang masih dalam tahap untuk memastikan manfaatnya.

Melansir dari Web MD, berikut adalah beberapa obat herbal untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba, antara lain: 

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal yang Bisa Mengatasi Hipertensi

Akar manis

Obat herbal untuk menurunkan kolesterol yang pertama adalah akar manis. Akar manis atau licorice root dinilai berpotensi menjadi obat herbal kolesterol atau obat kolesterol alami.

Pasalnya, pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, tanaman ini terbukti menurunkan kolesterol sekaligus kadar gula darah, dan mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Kedelai

Kacang kedelai dan produk olahannya seperti tempe atau tahu, dianggap bisa sedikit membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Sehingga, jangan ragu untuk menambahkannya sebagai asupan makanan harian Anda.

Angkak

Angkak mengandung suatu zat yang bernama monacolin K. Susunan kimia yang dimiliki zat ini, dinilai mirip dengan yang dipunyai oleh obat penurun kolesterol, yakni lovastatin.

Tanaman ini bisa digunakan sebagai obat kolesterol alami. Hanya saja, tidak semua sajian angkak mengandung cukup monacolin K, sehingga efek penurun kolesterol bisa saja tidak terjadi.

Baca Juga: Obat Herbal untuk Mengatasi Asam Urat, Tanpa Efek Samping

Jahe

Jahe juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan begitu, Anda bisa mencoba menggunakan jahe sebagai obat alami jika ingin menurunkan kolesterol.

Flaxseed

Obat kolesterol alami selanjutnya adalah flaxseed. Flaxseed adalah biji-bijian yang diambil dari bunga flax yang berwarna biru.

Dilansir dari Healthline, obat alami kolesterol ini mengandung asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh Anda.

Itulah beberapa daftar obat herbal untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba untuk merasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News